*Popular Topic*

Cara Melihat Kode batang QR akun WhatsApp

» , , » Jenis processor terkenal HP android

Jenis processor terkenal HP android



Sobat Dunia Android pasti sudah tidak asing lagi kan dengan sebutan prosesor / processor ? itu lho otak-nya piranti Komputasi atau komputer. Segala sesuatu yang membutuhkan kinerja yang kompleks dan tidak punya cukup ruang untuk menaruh banyaknya komponen maka di satukanlah komponen itu dalam satu bentuk yaitu prosesor ( inggrisnya :processor / alat pemroses ).

Processor yang sedang kita bahas sekarang ini adalah processor-processor milik smartphone. yang salah satunya adalah gadget terlaris saat ini yaitu android. Didalam tubuhnya, HP android bersemayam 'otak' dan jantungnya proses yaitu processor yang mini bentuknya tapi didalamnya ada ribuan komponen yang dirakit dengan teknologi nano. dan untuk mengetahui jenis processor terkenal HP android silahkan sobat semua menyimak kilasan Processor terkenal dibawah ini.

Baca : Hubungan kinerja RAM dan Prosesor sebuah Smartphone

jenis processor hp terkenal

Baca juga : Tips memilih Prosesor smartphone android terbaik

1. Qualcom Snapdragon

Processor yang diusung Qualcom ini diberi nama dengan Snapdragon,biasanya digunakan oleh HP kelas High-end. Sejarahnya kita mulai dari Snapdragon 200, 400, 600 dan yang terakhir Snapdragon 800 yang pertama kali dicicipi oleh Phablet besutan Sony Mobile, Xperia Z Ultra dan diikuti Samsung Galaxy S4.

2. Nvidia Tegra

Nvidia Tegra adalah rival berat Qualcom Snapdragon, dan hampir semua smartphone yang menyisipkan Chiset Nvidia Tegra adalah Smartphone kelas premium. Sampai saat ini Nvidia Tegra sampai pada kelas Tegra 4i. di bawah ini ukuran kecepatannya.
  • Nvidia Tegra 2 : Kecepatan Dual-Core 1.2 GHz ARM Cortex-A9, RAM 1 GB, GPU ULP GeForce, Kamera 12 MP, Video (1080p)
  • Nvidia Tegra 3 : Kecepatan 1.7 GHz single core /1.6 GHz quad-core, RAM 2 GB, GPU ULP GeForce 3x dibanding Tegra 2, Kamera 32 MP, Video (1080p), 3D Stereo
  • Nvidia Tegra 4 : Kecepatan (4+1) 1.9 GHz ARM Cortex-A15, RAM 4 GB, Custom GPU Core, Kamera dengan fitur HDR preview, instant HDR photos, HDR video, HDR burst, HDR Flash, dan HDR Panorama.
3. OMAP

Processor OMAP saat  ini sudah masuk generasi ke 5 dan sedang ada pengembangan generasi ke 6, berikut ini skema lengkap OMAP :
  • OMAP 3 : Kecepatan 1 GHz ARM Cortex A8, GPU POWERVR™ SGX 2D/3D, Kamera 12 MP
  • OMAP 4 : Kecepatan 1.5 GHz Dual Core Cortex A9, GPU POWERVR™ SGX54x, Kamera 20 MP
  • OMAP 5 : Kecepatan 1.7 GHz Dual Core Cortex A15, GPU POWERVR™ SGX544-MPx, Kamera 24 MP Dulunya OMAP sangat terkenal di era Nokia N90 dan N91, N95 sampai akhirnya digunakan oleh smartphone premium Samsung Galaxy Nexus dan Huawei Ascend P1.
4. Exynos  
Exynos adalah processor buatan samsung yang sampai saat ini sudah masuk generasi ke 5 yang disebut Exynos 5 Octa, Prosesor ini digunakan oleh samsung galaxy S4, smartphone flagship samsung saat ini.
Dan di bawah ini skema kecepatannya :
  • Exynos 3 : Kecepatan 1.2 GHz Single-core ARM Cortex-A8, GPU PowerVR SGX540
  • 200 MHz
  • Exynos 4 : Kecepatan 1.6 GHz Quad-core ARM Cortex-A9, GPU Mali-400 MP4 (Quad-Core) 440 MHz
  • Exynos 5 : Kecepatan 1.6–1.8 GHz quad-core ARM Cortex-A15, GPU PowerVR SGX544MP3 (Tri-Core) at 533 MHz.
5. Mediatek atau MTK

Mediatek adalah processor yang paling banyak digunakan oleh ponsel-ponsel murah saat ini dan sebelumnya. karena banyaknya tipe dan jenis processor mediatek maka Dunia android tidak akan merincinya.
Semoga Ulasan sedikit tentang jenis-jenis Processor HP diatas dapat menambah wawasan teknologi sobat semua.aamiin.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...

loading...