Home » , , » Cara kerja antivirus di Android

Cara kerja antivirus di Android


Mengetahui logika cara kerja antivirus di android sama juga dengan mengetahui cara kerja Virus-nya juga. Sebenarnya tidak hanya di OS android saja ada yang namanya aplikasi antivirus, sejak jaman adanya sistem operasi jaman dahulu di sebuah personal computer sejak itulah ada yang namanya antivirus karena adanya sebuah virus.Logikanya, tidaklah mungkin menciptakan antivirus tanpa ada penyebabnya terlebih dahulu yaitu munculnya sebuah virus.

Dalam terminologi Ilmu informatika, bahwa virus bekerja membalikkan algoritma dari sebuah kode program, itu bahasa pendeknya. kalau dijabarkan dan dicontohkan seperti logika sebuah mesin motor, kalau motor itu normal maka semua perkakas di dalam motor akan bekerja sebagaimana mestinya. kalau dibalik, umpama sebuah motor disusupi 'virus motor' (misalnya) maka yang terjadi adalah motor dalam kondisi tidak sebagaimana mestinya alias abnormal.mungkin virus tersebut memerintahkan pengapian yang kurang sempurna, kelistrikannya di-tidak stabilkan dan lain sebagainya.

Begitu juga dengan virus di sistem operasi, cara kerjanya persis seperti contoh diatas. virus membelokkan kode program agar bekerja menurut kemauan si penciptanya agar sistem operasi tersebut bekerja tidak sebagaimana mestinya.Kalau sebuah virus sudah membalik fungsi dari program dan sistem operasi maka perlu adanya sebuah anti virus, ada penyakit maka diperlukan obatnya sebagai penangkal sekaligus penyembuh.


Antivirus mempunyai cara kerja membalikkan dan menghalangi segala upaya si virus untuk mengobok-ngobok kode program yang ingin disusupinya. Jadi, antivirus yang handal mempunyai tugas yang berat seperti, menghadang virus, mengembalikan settingan yang telah dirubah oleh virus, menata kembali urutan-urutan ( registry) kode program agar kembali normal seperti sedia kala. tidak semua antivirus mempunyai fitur seperti itu, kadang antivirus yang berbayarlah yang disertakan vitur lengkap untuk menangkal dan mengobati hasil kerja sang virus.

Logika kerja virus dan antivirus memang selalu berkebalikan. jadi bagi sobat-sobat pecinta android yang ingin memasang antivirus di gadgetnya diharapkan agar seteliti mungkin memilih antivirus mana yang harus dipasang di HPnya. agar tidak mubadzir dalam penggunaannya dan tujuan utama membasmi sang virus membandel. semoga ulasan singkat diatas dapat membantu sobat semua memahami logika cara kerja virus dan antivirus se-sederhana mungkin.

Share This Post

FacebookGoogle+Twitter

1 komentar:

  1. Wah ternyata gitu ya sob cara kerja dari virus, jadi tau ni thank's for share ..

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...