Home » » Mengenal Arsitektur Sistem Android

Mengenal Arsitektur Sistem Android


Android sebagai sistem operasi terbuka berbasis linux sangat popular akhir-akhir ini di kancah dunia smartphone. Gadget dengan bebagai merk yang dikeluarkan oleh vendor kenamaan maupun lokal bersaing ketat meraih user yang sangat menggandrungi apa itu Android. tidak membutuhkan waktu lama memang untuk memperkenalkan keunggulan dan kecanggihan sistem Operasi besutan Perusahaan sekelas Google. Dengan dukungan para developer handal Android menjadikan nomor puncak Sistem Operasi dunia smartphone jaman sekarang.

Kembali ke belakang, Bagi user android tentu ada yang bertanya-tanya bagaimana android itu dapat berjalan ( dalam hal ini 'Aplikasi' ). Tentunya sebuah aplikasi yang dibangun dapat berjalan sempurna bila memenuhi aspek yang telah ditentukan oleh para developernya. Android mempunyai fitur arsitektur yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lain. Layaknya sebuah bangunan, maka aplikasi yang berjalan harusnya memenuhi beberapa unsur agar bangunan tersebut dapat berdiri kokoh dan sempurna.

Di bawah ini sedikit penjelasan mengenai layer yang membangun arsitektur sistem android:
  1. Applications : Android akan menggabungkan dengan serangkaian aplikasi intitermasuk klien email, program SMS, kalender, peta, browser, kontak, dan lain-lain.
  2. Application Framework : Dengan menyediakan sebuah platform pengembanganyang terbuka, pengembang Android menawarkan kemampuan untuk membangunaplikasi yang sangat kaya dan inovatif.
  3. Libraries: Android termasuk satu set pustaka C/C++ yang digunakan olehberbagai komponen sistem Android.
  4. Android Runtime: Android termasuk satu set perpustakaan inti yang menyediakansebagian besar fungsi yang tersedia di perpustakaan inti dari bahasa pemrogramanJava.
  5. Linux Kernel: Android bergantung pada Linux versi 2.6 untuk layanan sistem intiseperti keamanan, manajemen memori, manajemen proses, network stack, danmodel pengemudi. Kernel juga bertindak sebagai lapisan abstraksi antara hardwaredan seluruh software stack.
Nah, semoga Sedikit Ilmu tentang seluk beluk android diatas dapat menambah wawasan kita tentang Teknologi Open source ini.

Share This Post

FacebookGoogle+Twitter

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...