» , , » Mengakali Baterai PowerBank Error

Mengakali Baterai PowerBank Error


Setelah pada postingan terdahulu mengulas tentang isi dan kinerja powerbank, kini Dunia Android akan mengulas sedikit tips tentang bagaimana mengakali Baterai PowerBank yang error. Tentu saja kali ini saya fokus pada baterainya saja lho ya, Bukan permasalahan komponen did dalam powerbank yang menyebabkan error. Jadi, dalam ulasan ini nanti saya anggap baterai dalam powerbank rusak atau perlu diganti bukan karena sirkuit-nya yang bermasalah.

Bermula dari pertanyaan beberapa teman saya yang menanyakan bagaimana bila baterai pengganti tidak tersedia dipasaran karena ukuran ampere-nya yang tidak sesuai dengan spesifikasi baterai bawaan powerbank?. Kalau voltase tentu semua sama, satu baterai rata-rata mempunyai voltase kisaran 1,2volt sampai 1,5volt, yang berbeda hanya pada arusnya saja alias ampere-nya. sekilas bila dijelaskan secara mudah, ampere itu diibaratkan ada 2 kendaraan yang sama jenis dan mereknya, tapi yang membedakan bahan bakarnya yang satu premium yang satunya pertamax, maka daya dorong dan kinerja yang pertamax akan lebih kuat dari kinerja yang memakai premium, nah itu cuma intermezo contoh tentang ampere ( ahhh, adminnya ngelantur...hehe )



Lanjut, sekarang umpama sobat mempunyai powerbank dengan isi baterai 2 buah dengan voltase dan ampere masing-masing 1,5volt dengan ampere 2200mAh (2,2Ampere) maka sebisa mungkin sobat harus mencari baterai yang serupa dengan itu. kalau tidak bisa maka ada tipsnya seperti dibawah ini :

  • cari baterai yang ampere-nya tidak jauh nilainya keatas dan kebawah, bisa 2000mAh atau 2400mAh. karena sirkuit pengisian masih mampu menolerir ampere yang tidak jauh diatas rata-rata spesifikasi, jangan khawatir itu aman kok.
  •  Bila tidak mendapatkan baterai yang mendekati nilai contoh diatas, maka sobat bisa membagi hitungannya seperti ini, nilai ampere-nya dibagi 2 kemudian sobat cari baterai di toko yang senilai hasil pembagian. contoh baterai 2200mAh :2 akan ketemu nilai 1100mAh. nah sobat beli saja baterai senilai 550mAh atau diatasnya sedikit tidak masalah. Kemudian rangkai kedua baterai tersebut secara PARAREL ( bukan seri lho ). jadi ada 2 sambungan pararel di dalam powerbank sobat dengan total baterai 4 buah. 


  • Karena baterai dengan tips di pararel seperti contoh diatas maka secara otomatis cassing powerbank tidak akan bisa menutup, resikonya sobat harus merapikan tumpukan baterai tersebut entah itu disatukan dengan isolasi/lakban hitam biar rapi.
  • sambungan dengan sistem pararel akan menjumlahkan arus, bila sambungan seri akan menjumlahkan tegangan, jadi jangan terbalik ya tipe sambungannya.
Nah, mudah bukan tips oprek baterai powerbank-nya, intinya nilai ampere dalam powerbank tetap dikisaran yang ditentukan oleh pabriknya walau berapapun baterai yang kita tumpuk tetap harus sesuai bila dijumlahkan nilai amperenya. Sekian tips singkatnya semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Silahkan Kunjungi Blogger terbaik kami di http://alfian7unior.blogspot.com/.
    Banyak tips menraik dan terbaik untuk anda pelajari serta artikel terupdate yang menambah pengalaman anda.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...