» , , » Makna Tahan Air pada Ponsel

Makna Tahan Air pada Ponsel


Seiring Perkembangan teknologi yang semakin canggih, masyarakat banyak disuguhkan segala fitur Ponsel / HP yang biasanya bikin kita kagum seperti HP tahan banting, tahan terlindas, tahan panas, baterai kuat 30 hari, tahan air dan segala fitur wah lainnya yang tentu akan menarik minat pembeli untuk segera memilikinya atau sekedar bilang 'woww'. Nah, disini Dunia android akan mengulas sedikit tentang makna ' tahan air ' pada ponsel yang banyak masyarakat awam belum mengetahui apa dan bagaimana sesungguhnya fitur tahan air itu bekerja.

Sebelum kata 'tahan air' atau biasa disebut di media 'anti air'  sebenarnya dari dahulu ada fitur anti air banyak disematkan di peralatan jam tangan. Karena teknologi Ponsel sudah jauh berkembang maka kata anti air di ponsel yang sering jadi kata kunci produsen dalam memasarkan produknya. disini saya tidak akan mengulas ponsel dan merek dari salah satu vendor, akan tetapi saya akan mengulas arti anti air di ponsel itu sendiri agar kita semakin jeli dengan 'iming-iming ' fitur yang wah tersebut.

Tahan air atau anti air, atau yang bahasa kerennya water resistance biasanya banyak dari kita yang memaknai bahwa bila ponsel tersebut bila terendam di dalam air maka akan sehat-sehat saja. Padahal pemaknaan tahan air di ponsel yang banyak beredar sekarang ini bukanlah begitu. Ketahanan suatu ponsel terhadap air akan berbeda beda tergantung vendor yang mengeluarkan produk tersebut. jadi tahan tidaknya ponsel terhadap air tergantung spesifikasi lengkap yang harus di baca di buku manual ponsel tersebut. istilah mudahnya, ada ponsel yang benar-benar tahan bila direndam di dalam air dan ada pula ponsel yang hanya tahan air dengan artianponsel tersebut tidak terendam tetapi tahan terhadap kelembaban suhu dan percikan-percikan kecil air tanpa merendamnya.

Perkaranya tidak selesai di titik dimana ponsel tersebut direndam dalam air. Bila ada fitur yang benar-benar tahan air walau dimasukkan ke wadah air maka perlu juga dipertanyakan seberapak dalam maksimal ponsel tersebut terendam air dan sampai berapa lama maksimal di dalam air. itu penting dan kunsumen harus teliti sebelum benar-benar membeli ponsel yang berfitur tahan air. Ketahanan suatu ponsel yang berfitur tahan air harus dipastikan 'water resistance'-nya, harus dipastikan berapa meter-kah ponsel tersebut maksimal bisa tahan di kedalaman air dan timing-nya juga harus diketahui. Lama waktu ponsel dengan kondisi terendam air akan semakin memperjelas kualitas ponsel tersebut. semakin panjang batas maksimal waktu dan semakin panjang ukuran kedalaman ponsel ketika di dalam air bisa dipastikan bahwa ponsel tersebut benar-benar menanamkan fitur Tahan air-nya.

Bila ada ponsel dengan harga murah dan dari vendor yang belum 'terkenal' dengan fitur anti air-nya maka konsumen harus waspada dan jeli, baca dahulu spesifikasi lengkap beserta manual book-nya apa benar-benar tahan air seperti yang saya gambarkan diatas atau sekedar  hanya tahan air bila di pakai berhujan-hujan ria. Semoga konsumen Ponsel di indonesia  semakin jeli dan cerdas dalam berbelanja dan semakin tahu teknologi terbaru lengkap dengan pemaknaannya. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...