*Popular Topic*

Kapan Waktunya HP Android harus direset dan di-Flash Ulang ?

» , , , » Logika sederhana Kecepatan Internet Android

Logika sederhana Kecepatan Internet Android


Sobat dunia android, mungkin saja sebagian sobat ada yang masih bertanya-tanya bagaimana seluk beluk kecepatan internet, bagaimana pembagian datanya dan segala tentang transfer rate data internet. Dalam potingan yang saya beri judul Logika kecepatan data internet ini semoga bisa menjawab sedikit pertanyaan diatas.

Seperti kita ketahui, sebagian lalu lintas data akhir akhir traffik internet dipenuhi oleh pengguna smartphone. Mulai bergesernya teknologi dari gadget besar semacam Personal Computer desktop ke personal gadget kecil seperti smartphone yang semakin hari semakin menjamur. Penggunaan data internet dari berbagai pelayan data telekomunikasi juga mengalami lonjakan traffik serta permintaan tambahan alokasi bandwidth data. Disitulah muncul berbagai problem yang salah satunya tentang kecepatan dan transfer rate data.

Bagi pengguna smartphone, dalam hal ini sebenarnya sama saja antara pengguna smartphone ataupun yang memakai modem untuk terkoneksi ke internet, bahwasanya ada logika sederhana agar kita tahu adakalanya internet kita lemot bak keong atau terkadang begitu fantastis keepatannya tanpa kita sadari. Begini logika sederhananya...

Saya ambil contoh, umpamanya ada sebuah warnet, disitu tersedia kuota bandwidth 10Mbps dan tersedia 10 komputer yang siap untuk mengakses internet, 10Mbps itu sama pemiliknya tidak dibatasi oleh pengaturan khusus. Maka apabila ada 2 pengguna yang sedang online logikanya adalah setiap pengguna mendapat 5Mbps kecepatan. Dan bila ada 10 pengguna maka setiap pengguna akan mendapat jatah kuota 1Mbps. Semakin menurun bukan?. Kemudian bila yang punya warnet menambah lagi komputernya menjadi total 20 agar ramai pengunjung?, maka logikanya lagi kalau semua komputer yang berjumlah 20 itu online maka setiap komputer hanya mendapat 0,5Mbps saja..begitu seterusnya sampai si pemilik warnet menambah lagi kuota yang dimilikinya agar bertambah besar.

Logika sederhana diatas juga berlaku untuk operator selular, bila kita di memakai contoh simcard 'A' melakukan koneksi internet di suatu daerah yang belum banyak menggunakan simcard 'A' tadi bisa dipastikan internet kita keepatannya bagaikan berjalan di Tol mulus, dan bila Lemot seperti di jalan bergelombang bisa dipastikan salah satu penyebabnya adalah banyaknya pengguna dengan layanan selular yang sama.

Logika dan contoh sederhana diatas berlaku bila smartphone atau gadget yang terhubung ke internet pengaturannya sudah sesuai standart dan tidak ada masalah dengan perangkat keras /hardware dari si pengguna. Semoga sedikit ulasan diatas bisa memberi pencerahan tentang kecepatan internet.

loading...

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...