*Popular Topic*

Apakah Virus Ransomware WannaCry menginfeksi HP Android ?

» , , » Nilai Ping di Wifi vs Data selular

Nilai Ping di Wifi vs Data selular


Kali ini saya akan sedikit membahas tentang 'Ping' antara jaringan wifi dan jaringan data selular. Yang mungkin sebagian sobat belum mengetahui mengapa seringkali setiap kita ingin update software di gadget smartphone selalu ada notifikasi yang menuntun kita untuk memilih jaringan wifi agar lebih lancar dalam update data maupun software smartphone. Yuk kita cari tahu jawabannya.
Ping bisa kita artikan secara sederhana untuk mengecek kualitas transfer data antar suatu jaringan. Mudahnya, semakin kecil nilai Ping berarti semakin lancar pula transfer data maupun transfer rate antar jaringan tersebut. Contoh, bila ada suatu smartphone yang terhubung ke jaringan wifi dan smartphone sejenis yang satunya terhubung ke jaringan penyedia data selular maka nilai Ping bisa dicek. Cara pengecekan bisa melalui web-web pengecek Ping yang banyak tersebar di dunia maya atau aplikasi Ping'er di playstore. Semakin kecil nilai ping yang ditunjukkan dalam hasil kalkulasi nantinya akan mempengaruhi kelancaran browsing atau transfer data.
Kemudian setelah kita tahu apa itu definisi ping, sekarang saya bahas sedikit tentang beda nilai ping di jaringan wifi dan data selular.
  • 1. Di jaringan wifi, nilai umumnya ping akan lebih kecil dan transfer data akan lancar. Tentunya prasyarat pertama haruslah sinyal wifi baik alias tidak 'poor'.
  • 2. Di jaringan wifi atau area hotspot biasanya penggunanya terbatas dengan jarak yang juga terbatas, maka dari itu semakin sedikit pengguna di area wifi maka semakin lancar pula transfer data dan bandwidth yang kita dapat.
  • 3. Di jaringan data selular, nilai ping cenderung fluktuatif naik turun, itu karena tergantung sinyal BTS, cuaca dan banyaknya pengguna. Jadi Ping kecil over data selular jarang kita dapat.
  • 4. Kadang ada yang bertanya-tanya, mengapa sinyal sudah HSDPA dan paketan masih full tetapi download atau browsing lambat sekali?, itulah kelemahan dari sinyal data selular, selain banyaknya pengguna dalam suatu area yang harus membagi bandwidth juga ada banyak kendala seperti yang saya sebutkan diatas seperti cuaca dan jarak antena BTS.
  • 5. Jadi, kesimpulannya baik manakah kualitas sinyal wifi dan sinyal data selular?. Tentu lebih baik wifi dengan segala kelebihanya dalam hal transfer rate dan ping data.
Nah, semoga sedikit penjelasan diatas bisa menjawab sgala pertanyaan tentang arti nilai ping antara wifi dan data selular. Semoga posting singkat melalui aplikasi blogger for android ini semakin menambah ilmu kita..aamiin.

2 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...