» , , » Cara Simpan Foto dari HP ke Drive google

Cara Simpan Foto dari HP ke Drive google


Sahabat Dunia android, beberapa hari lalu saya sudah memuat artikel tentang Pentingnya google drive di android, sekarang tiba waktunya untuk tutorial tentang cara simpan foto dari HP ke drive google. Namun sedikit kita review dulu apa itu google drive ?, yaitu cara penyimpanan cloud ( awan ) dimana file kita tersimpan aman di server milik google. File yang tersimpan di google drive bisa diakses dari manapun juga baik itu via HP smartphone maupun dari PC ( computer ) selama kita terhubung ke Internet. Mudah, simple, sinkronisasi otomatis dan tentunya aman tanpa takut file kita terformat atau hilang dicuri orang.



Sebenarnya semua jenis file bisa diunggah alias disimpan di google drive, namun khusus untuk sesi ini saya ingin memberi tips cara menyimpan foto dari HP ke drive google. Tentunya kita juga fokus pada smartphone yang mengadopsi system operasi Android walau smartphone seperti Iphone juga sama cara penerapannya. File yang ada pada smartphone hampir semua bisa di unggah ke drive google dengan lancar plus kapasitas simpan satu akun sampai 15 Gb, bayangkan saja kalau kita punya akun google sebanyak sepuluh sudah berapa giga kita punya penyimpanan gratis….hehe


Sekarang kita praktek, silahkan simak tips dibawah ini :
  • 1. Buka galeri di smartphone sobat, nah disitu sobat bisa memilih satu atau sekaligus beberapa file foto , setelah terseleksi alias file foto sudah terpilih silahkan tekan tombol share ( seperti gambar di bawah )
  • 2. Kemudian pilih lambang google drive dengan icon segitiga , catatan : icon aplikasi drive akan muncul otomatis di setiap tombol share apabila sobat sudah menginstall aplikasi google drive, bila belum maka sudah saatnya menginstall aplikasinya lebih dahulu .

  • 3. Lanjut, setelah meng-klik icon aplikasi drive maka sobat akan disuguhi tampilan seperti di gambar di bawah. Pastikan akun atau email drive sobat sudah benar kemudian bila sudah siap tekan tombol unggah. 

  • 4. Selesai, di tanda Notifikasi atau pemberitahuan smartphone sobat akan tertera berapa file yang berhasil diunggah beserta ukurannya sekaligus. Selamat anda sudah bisa dan berhasil…hehe
Cara menyimpan yang mudah dan sebenarnya simple bukan ?, bila sobat sudah terbiasa dengan drive google maka sobat akan merasakan betapa manfaatnya mempunyai penyimpanan cloud. Aman tanpa takut kehilangan data maupun data tercuri orang lain. Semoga sedikit tips diatas bisa menambah wawasan kita tentang dunia dan aplikasi android.

17 komentar:

  1. Ka kalo fto udh trsimpan d g.drive di hp android trus kita hpus fto trsebut di galeri hp .. g akan hilang kan di g.drive nya?
    Owh iya kalo mau ngambil lagi fto yg udh trsimpan di g.drive caranya gimana ya ... mf sblmnya bnyak tanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentu tidak akan hilang dong...aman datanya di google drive... bila ingin mengambil lagi filenya tinggal di download aja...ada kok menunya di google drive... :)

      Delete
  2. Terimakasih banyak infonya kak :) sangat membantu, krn dulu guru sy pernah bilang kalo bisa menyimpan foto di google tp sy belum tau dan dri sini sy baru tau :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalau artikel saya membantu mbak firly

      Delete
  3. Mohon tanya,Kalau kita upload Document atau Foto di GoogleDrive, Apakah nanti akan ter-share ke umum ya? Saya kuatir kalau Document atau Foto Privacy ter Publik (orang lain bisa buka. Karena sy pernah upload foto di Google+ kok, orang2 yg tershare di Circle Family di Google+ bisa ikutan komentar... dan lliat album2 saya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam settingan default drive semua data terunggah Tidak akan terlihat kok, kcuali kita share link publik. Hanya yg kita share saja yang bisa terlihat publik dan yang lainnya terprivacy.

      Delete
    2. Ooo Ok. makasih atas pencerahannya

      Delete
  4. Malam mas, kalau dari iPhone bisa ga ya nyimpen di Google Drive? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bisa dong mas..kan ada brrowsernya..hehe

      Delete
  5. mas apakah mnympan file di drive dbtasi wktu ga ? misal stelah 30 hari akan trhapus otomatis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak akan terhapus sebelum yg punya akun menghapusnya

      Delete
  6. waaaahhhh ini nih sebenarnya kegunaan google drive, thanks gan

    jadi foto2 gua sama mantan gua simpan disitu aja, biar pacar baru gua, hpus di hp gua tpi udh disimpan di drive wkwkwkwkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  7. punten :)
    klo misalkan saya tau ID gmail hp lain bisa kah lngsung disinkron kan lewat hp saya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu bisa..asal tahu id dn password maka lngsung bisa disinkronkan

      Delete
  8. di hp saya yg lama dulu setiap saya meotret secara otomatis langsung tersimpan di google foto,
    HP istri saya minta dibuatkan spt itu, tapi saya lupa caranya, bisa share caranya ?

    ReplyDelete
  9. Cara download file nya gmna? Kalo di ios

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara paling mudah untuk download file dari google drive bisa masuk dari browser.
      Masuk ke drive google dan sign in menggunakan akun mbk karin

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...