Home » , » Gunakan Powerbank di Smartphone dengan Bijak

Gunakan Powerbank di Smartphone dengan Bijak


Sobat Dunia Android, Pengguna smartphone khususnya mungkin sudah banyak yang mengenal apa itu powerbank dan fungsinya. Sebagai alat charge yang multifungsi dan mudah dibawa kemana-mana tentu alat ini selalu menarik perhatian pengguna gadget untuk memilikinya.Namun banyak yang salah kaprah dengan fungsi powerbank itu sendiri dan akibatnya sudah tidak sedikit yang merasakan sisi negatif dari powerbank itu sendiri. maka dari itu postingan ini saya kasih judul Gunakan powerbank di smartphone dengan bijak. maksudnya ? yuk kita cari tahu....Baca juga artikel saya : Isi dalam powerbank dan kinerjanya .

Didalam peredarannya banyak sekali powerbank yang murah sampai yang mahal buatan vendor-vendor terkenal. Namun konsumen di Indonesia kebanyakan suka dengan yang berbau ' murah ' tapi inginnya yang bagus...lho apa ada to yang begitu...hehe. Powerbank keluaran vendor terkenal dengan harga yang mahal tentu membawa kualitas yang jauh diatas powerbank yang murah apalagi yang abal-abal. Disamping jeroan powerbank dari vendor terkenal yang dijamin keamanan dan keakuratan ukuran komponen-komponennya, powerbank mahal biasanya disertai dengan pengaman, pengatur dan pemutus arus otomatis. Tapi bagaimana dengan powerbank yang murah-murah yang beredar dipasaran ?, dari banyak kasus, powerbank dengan harga murah selain arus yang tidak stabil, gampang drop, tanpa pemutus arus otomatis dan paling parah bisa merusak atau memperpendek umur baterai smartphone itu sendiri.

Kemudian, mengapa kita harus menggunakan Powerbank dengan Bijak ?, maksudnya adalah gunakan powerbank khususnya yang kualitasnya 'murah' yang kita tidak yakin dengan keamanannya untuk smartphone kita maka gunakan jangan berlebihan. Gunakan seperlunya bila dalam keadaan 'kepepet', keadaan dimana kita sudah tidak memungkinkan mendapat suplay arus dari charge bawaan smartphone karena tidak ada sumber tegangan PLN. Penggunaan powerbank yang berlebihan dan terus menerus akan memperpendek umur Baterai smartphone. Bahkan bila arus yang dikeluarkan oleh powerbank tidak stabil atau diatas ambang yang bisa diterima komponen smartphone kemungkinan besar akan merusak 'jeroan ' si smartphone kita.Kok sampai merusak jeroan alias komponen ?, karena arus yang masuk ke smartphone tidak langsung bersinggungan dengan baterai sewaktu pengisian. arus harus melewati beberapa komponen untuk difilter agar tegangan yang masuk tidak melebihi ambang batas yang diperkenankan. 

Nah, sudah tahu bukan mengapa kita harus bijak menggunakan powerbank ?. Daripada gadget kita 'ambrol' lebih baik sedia 'charge original' sebelum berpergian. kata orang jawa ' ojo mung gor powerbank sing digowo tapi nggowo ugo ces-cesan asline hape'( jangan cuma powerbank yang dibawa, tapi bawa juga charge HP orisinilnya ) ...hehe ...semoga ulasan diatas bermanfaat.

Share This Post

FacebookGoogle+Twitter

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...