Home » , , » Arti pengetikan Google voice android

Arti pengetikan Google voice android


Apa sih arti pengetikan google voice di android itu dan apa gunanya?. Pertanyaan itu biasanya muncul ketika pengguna android masuk ke menu setelan sistem dan menemukan setelan 'pengetikan google voice'. Kalau jaman dahulu sebelum booming android, mengetik dengan perintah suara terasa sesuatu yang aneh dan biasanya hanya dapat dilakukan di komputer atau PC. Namun sekarang lain lagi, dengan android seseorang mengetik sudah bisa dilakukan dengan perintah suara.


Pengetikan google voice sendiri merupakan software bawaan dari android. Untuk memudahkan pengguna mengetik di layar smartphone tanpa menyentuh sedikitpun melainkan dengan perintah suara kita. Kemudian pertanyaannya, bagaimana proses pengetikan bisa berjalan tanpa menyentuh tombol keyboard di layar dan hanya menggunakan suara?. Ini penjelasan singkatnya.

1. Pengetikan dengan perintah suara di android bisa dilakukan bila settingan masukan suara telah diaktifkan (tunggu postingan saya berikutnya tentang cara setting google voice ya...)

2. Perintah pengetikan dengan suara adalah kumpulan dari beberapa sintesis suara yang telah dikumpulkan menjadi suatu database suara oleh server google. Sehingga apabila contoh sintesis suara yang diucapkan pengguna tidak ditemukan di database google maka pengetikan tidak akan berjalan sempurna. Namun pengguna dapat dengan mudah menambahkan sample suara ke server google menurut keinginan masing-masing user itu sendiri.

3. Perintah suara biasanya selalu menyinkronkan data saat itu juga ke server google voice, maka dari itu dibutuhkan koneksi data internet untuk melakukan perintah suara. 

4. Pengguna dapat secara offline (tidak tersambung ke internet) untuk menggunakan google voice namun harus terlebih dahulu mendownload sample sintesis suara dari server google voice.

5. Perintah suara mungkin merepotkan bagi sebagian orang dan terkesan main-main belaka, namun tidak demikian dengan piranti-piranti baru seperti google glass (kacamata pintar google) yang pengguna berinteraksi dwngan gadget hanya melalui perintah suara. Begitu juga dengan orang yang berkeadaan khusus misalnya cacat pada tangan sehingga harus mengetik sesuatu dengan perintah suara, dan lain sebagainya.


Sedikit Ulasan mengenai pengetikan google voice android diatas merupakan sekelumit kecanggihan dari OS android itu sendiri. Jarang sekali fitur tersebut digunakan oleh pengguna karena ketidakpraktisannya ataupun karena pengguna smartphone sudah terbiasa menggunakan jari jemari untuk mengetik melalui papan keyboard. Semoga ulasan diatas memberi sedikit pencerahan tentang seluk beluk dunia android.

Share This Post

FacebookGoogle+Twitter

2 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...