Home » , , » Pengertian 4G LTE itu apa dan bagaimana ?

Pengertian 4G LTE itu apa dan bagaimana ?


Mungkin sebagian dari kita pernah mendengar tentang jaringan terbaru yang namanya 4G Sebagai penerus generasi 3G yang saat ini masih banyak digunakan. Namun tahukah sobat semua apa itu 4G atau yang sering disebut sebagai 4G LTE ?. Dunia android kali ini akan mengulas sedikit seluk beluk dan pengertian 4G LTE itu apa dan bagaimana. Yuk disimak biar sedikit-banyak tahu ...hehe


4G LTE bagi sebagian orang pasti merasa bahwa ini adalah transmisi data terbaru yang kecepatannya luar biasa. memang benar, 4G atau juga bisa disebut 3GPP LTE ( LTE : Long Term Evolution) merupakan akses data nirkabel dengan kecepatan extra tinggi Dengan berbasis pada jaringan seperti 2G (EDGE) dan 3G sekelas UMTS/HSDPA. walaupun sama namun spektrum transmisinya harus terpisah. Kecepatan download pada jaringan LTE bisa mencapai 300mbps dan upload-nya mencapai 75mbps, sungguh suatu kecepatan nirkabel masa kini yang luar biasa cepatnya. Bayangkan saja bila dengan kecepatan tersebut sobat mendownload file youtube sebesar 100Mb maka tidak memerlukan waktu lama, satu sampai 3 detikpun sanggup terunduh. itu-pun bila jaringan tidak padat dan transmisi sinyal paling bagus lho..hehe.


Lanjut lagi ceritanya, Layanan 4G LTE pertama kali diadopsi oleh operator selular di stockholm dan oslo oleh operator selular TeliaSonera. Sedangkan di indonesia sendiri telah lolos uji coba dan dalam tahap pengembangan jaringan oleh 3 operator selular Seperti Telkomsel, indosat dan XL Axiata. Nantinya bila jaringan ini telah berhasil mengcover seluruh area kota-kota di Indonesia maka kemungkinan besar diprediksi akan menjadi tonggak ditinggalkannya jaringan 3G yang sekarang masih banyak digunakan. Imbasnya tentu pada perangkat HP atau smartphone yangau tidak mau para pengguna harus mengganti atau upgrade hardware bila ingin mencicipi kualitas jaringan supercepat ini.


Sekian dulu kiranya Dunia android mengulas sedikit seluk beluk ilmu 4G LTE, semoga bermanfaat dan menambah ilmu kita semua. aamiin.

Share This Post

FacebookGoogle+Twitter

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...