» , » Apa itu Sertifikat kredensial di android ?

Apa itu Sertifikat kredensial di android ?

Apa itu Sertifikat kredensial di android ?. Bagi anda yang sudah menelusuri menu-menu settingan di android tentu akan menemukan menu Penyimpanan kredensial yang didalamnya ada opsi-opsi untuk menampilkan, menginstall dan menghapus sertifikat di sistem android. Namun tahukah anda apa itu fungsi dari sertifikat kredensial di android ?. Simak ulasannya di bawah ini.

Sebuah sistem operasi android adalah sistem yang didalamnya ada ribuan source code yang berjalan bertautan satu sama lain dengan fungsinya masing-masing. Apabila ada salah satu ada yang gagal bekerja maka sebuah sistem dikatakan malfungsi atau mengandung bug. 


Kembali ke topik semula, Sertifikat kredensial yang ada di menu pengaturan keamanan android mempunyai fungsi salah satunya sebagai berikut :

  1. - Sebagai validasi terhadap kompatibilitas suatu aplikasi yang ditanam di sistem, dimana apabila suatu aplikasi akan diinstall dan siatem android membutuhkan sertifikat dari aplikasi maka sertifikat tersebut wajib diinstall agar aplikasi tersebut bisa berjalan sempurna
  2. - Sebagai validasi keamanan di sistem android itu sendiri. Makanya ada kalanya kita diberitahu oleh sebuah notifikasi untuk segera memperbaharui / update sertifikat yang kadaluarsa ditujukan untuk memperbarui sisi keamanan sebuah sistem.
  3. - Sertifikat kredensial berfungsi menjaga keamanan sistem dari pembobol, Cracker atau penjarah akun sebagai validasi masuk di root sistem android.
  4. - Dengan adanya sertifikat kredensial yang terbaru dan lengkap android menjamin pengguna akan keamanan sistemnya.
  5. - Sertifikat android juga berfungsi untuk pintu masuk ke server utama android serta ke market resmi play store.
Nah, diantara sekian penjelasan mengenai fungsi dan arti sertifikat kredensial di android semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua tentang sistem operasi android.

Baca juga : versi android berdasarkan level API

20 komentar:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. apa yg jdi kalau hapus kredensial??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentu sebagian aplikasi maupun sistem yang memerlukan kredensial akan tidak bekerja sebagaimana mestinya mas

      Delete
  3. apabila terhapus, cara mengembalikan kredensial bagaimana mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas bagaimana cara mengembalikan sertifikat kredensial yang sudah terhapus?

      Delete
    2. cara paling mudah adalah dengan mencari tahu dahulu aplikasi mana yang telah terhapus sertifikat kredensialnya, bila contoh ada aplikasi game yang dibuka kemudian error maka unistall saja aplikasi kemudian unduh dan install kembali, nantinya kredensial akan masuk secara otomatis.

      Delete
  4. Mas kenapa pengaturan keamanan adroid saya tidak bisa di buka??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada tulisan atau peringatan bagaimana mas kok tidak bisa dibuka ?, coba masuk ke mode pengembang diaktifkan dahulu.

      Delete
  5. Tablet ku sering download sendiri kira kira sertifikan kredensial mana yang harus dinonaktifkan agar android berhanti download dan instal sendiri??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau proses download otomatis seperti pembaruan aplikasi maka cara nonaktifkan dari pengaturan playstore-nya ada.. Coba baca artikel saya : cara nonaktifkan update otomatis aplikasi playstore. Jadi tidak ada masalah dengan kredensialnya

      Delete
  6. Hape saya di lock dengan Pin, terus mau saya ganti dengan tidak ada Pin/seperti semula. Tapi ada bacaan "dinonaktifkan oleh administrator, kebijakan enkripsi atau penyimpanan kredensial" itu knp ya? Thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga punya masalah yg sama, udah tanya sana sini katanya kalo klik hapus kredensial baru bisa jadi, tapi akunya takut klik hapus kredensial, takutnya ada apa apa sama sistem .. Ada yg tahu penyelesaian lainnya nggak yah?

      Delete
  7. Handphone saya juga punya masalah yg sama, haoe saya kan di lock dengan mode pola mau diubah ke mode usap jadi ga bisa. Tapi ada bacaan "dinonaktifkan oleh administrator, kebijakan enkripsi atau penyimpanan kredensial" itu knp ya? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya bisa diatasi dengan cara mengembalikan ke pengaturan awal(reset)

      Delete
    2. Kalau di hapus kredensialnya gimana? Gak ngaruh ke foto aplikasi socmed aplikasi game musik video note internet youtube kontak pesan

      Delete
    3. Takut mau reset bro
      Soalnya hape baru beli memang gitu tulisannya 'dinonaktifkan oleh administrator, kebijakan enkripsi atau penyimpanan kredensial'
      Ada yg bilang hapus vpn nya, tapi vpn saya kosong
      Hape oppo f1f mas
      Gimana dong?

      Delete
    4. Reset ponsel tidak mempengaruhi garansi terhadap ponsel itu sendiri..beda lagi kalau melakukan flashing firmware maka garansi akan hilang...
      reset hanya mengembalikan settingan ke default bukan mengubah firmware seperti Flashing...

      Delete
  8. Ketika mau menghapus sandi
    Tidnak bisa
    Cuman muncul tulisan
    Jika ingin Mematikan sandI pertamatama anda harus hapus memori kredensial di pengaturan
    Hp oppo neo9
    Gmn caranya

    ReplyDelete
  9. kenapa hp android saya tidak bisa terhubung dengan wifi 802.1 EAP padahal username sama kata sandi sudah benar...

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...