Home » , , » Apa Beda malware atau virus di android itu ?

Apa Beda malware atau virus di android itu ?


Sebenarnya apa sih malware atau virus di android itu ?. Banyak pengguna android masih belum begitu faham bedanya malware atau virus. walaupun terlihat sama-sama bikin fungsi handphone tidak bekerja sebagaimana mestinya tapi ada beda antara keduanya. Mau tahu apa beda malware atau virus ?, pasti pembaca Dunia Android ingin segera tahu jawabannya. Mari simak ulasan singkatnya di bawah ini.
  • 1. Malware - atau kepanjangan dari Malicious Software , Malware adalah program yang diciptakan dengan tujuan jahat. Dari namanya sudah terlihat jelas bahwa malware umumnya adalah sebuah aplikasi atau software, dimana bila software itu sudah menyusup atau tertanam di smartphone atau Personal computer targetnya maka tugasnya bisa bermacam-macam. Suatu contoh, bila ada malware yang oleh penciptanya memang diprogram untuk mencuri data seseorang maka secara tidak sadar bila sudah tertanam di Ponsel target, diam-diam software akan melaksanakan tugasnya mengunduh data tanpa sepengetahuan si empunya Ponsel. Jadi Malware itu bisa mengubah, menghapus dan mengedit apapun tugas yang telah diprogamkan ke malicious software. 
  • 2. Virus - terkadang pengguna ponsel lebih mengenal kata 'virus' daripada kata malware dan terlihat lebih menakutkan. Virus sebenarnya adalah sebuah malware yang bisa berjalan bila ada pihak ketiga yang mengaktifkan atau menjalankannya. siapa pihak ketiga tersebut ?, pihak ketiganya ya si pengguna Ponsel atau PC itu sendiri. Jadi Sebuah virus tidak akan bisa berjalan dan terpantik untuk aktif tanpa di-eksekusi aplikasi atau programnya oleh pengguna. Umumnya virus akan menyamar sebagai sesuatu yang menarik untuk di-klik atau di-eksekusi, misalnya virus akan menyamar sebagai icon gambar wanita cantik atau aplikasi yang membuat pengguna tertarik dan tidak 'sewajarnya', begitu di-klik maka kode program jahatnya akan berjalan.
Nah sudah sedikit tahu kan bedanya malware dengan virus ?, kalau bisa disimpulkan bahwa malware memang lebih tinggi tingkatannya daripada virus. Malware di android umpamanya, bisa masuk ke Ponsel tanpa sepengetahuan kita dan membuat ponsel menjadi malfunction tidak seperti sewajarnya. Semoga ulasan tentang virus dan malware diatas bisa menambah wawasan para pembaca Dunia Android semua.

Share This Post

FacebookGoogle+Twitter

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...