Home » , , » Arti fungsi Cache Browser Android

Arti fungsi Cache Browser Android


Arti fungsi Cache Browser Android. Bagi anda yang sering berselancar di dunia maya pasti sering mendengar kata cache. Entah itu sengaja atau memang melihat ada menu cache di pengaturan berbagai macam browser android maupun PC. Namun tahukah anda apa itu Cache dan fungsinya ?. Dunia android akan mengulasnya untuk anda. silahkan disimak ya :) .

Cache atau bisa disebut tembolok dalam dunia ilmu informatika adalah suatu mekanisme atau cara sebuah sistem untuk menyimpan data yang sering dibuka atau dikunjungi ke dalam memori sekunder. Maksudnya, segala data yang anda buka akan disimpan ke dalam memory sekunder (bisa hardrive maupun flash memori). Dimana ketika anda melakukan aksi browsing halaman suatu alamat website maka cache akan bekerja menyimpan segala informasi halaman website tersebut. Halaman yang sering dijelajahi akan menciptakan ruang cache yang lebih besar. oleh sebab adanya cache ini maka ketika kita browsing dengan alamat yang serupa akan lebih cepat dibanding memasukkan alamat site yang belum pernah dibuka sama sekali.




Chace juga menyimpan banyak informasi dan data secara permanen, bahkan ketika ponsel android atau PC dimatikan, karena data cache umumnya di berbagai aplikasi diperintahkan untuk menyimpannya di sekunder memori bukan di RAM. Dengan adanya cache itulah segala riwayat data penjelajahan bisa dilihat dan dibuka kembali. Cache bisa dibersihkan dan dihapus permanen dari pengaturan setiap browser. Cache yang terlalu banyak bisa menimbulkan efek negatif pula selain sisi positifnya. Cache yang bertumpuk dan jarang dibersihkan akan menyebabkan loading aplikasi browser lambat karena setiap browser harus menyiapkan data cache untuk nantinya digunakan oleh user. Semakin banyak data cache semakin berat kinerja RAM dan Processor ponsel untuk membaca cache. Jadi bersihkan secara berkala tembolok atau cache agar performa ponsel android anda terjaga.


Semoga ulasan tentang arti fungsi cache di browser android bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Share This Post

FacebookGoogle+Twitter

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...