» , » Beda alamat HTTP dan HTTPS di browser ?

Beda alamat HTTP dan HTTPS di browser ?



Apa beda alamat HTTP dan HTTPS di browser ?. Sobat Dunia android, Sering kita jumpai alamat-alamat awalan dalam penulisan tujuan website diawali dengan awalan http atau https. Apa sebenarnya beda dari kata 's' dibelakang awalan alamat itu ?. dan apa pula efek penggunaannya ?. Dunia android akan mengulasnya untuk anda bagi pecinta Browsing di dunia maya. 

Ilustrasi Https

Https atau Hypertext transfer protocol Secure merupakan protokol komunikasi dari www ( world wide web ). Dimana kita bisa lihat apabila memasuki alamat tertentu walaupun kita tidak menyertakan tulisan 'http:// ' didepannya masih tetap bisa terbuka alamat web tersebut. karena http merupakan protokol sambungan antara browser (peramban) dengan server web yang dituju. suatu contoh, kita mengetikkan alamat 'facebook.com' di browser, maka setelah kita enter dan mulai masuk ke web facebook tertera didalam kotak isian alamat terpampang jelas awalannya yaitu 'https://' bukan 'http://' . mengapa demikian ?, untuk menjawabnya saya jabarkan di bawah ini.

1. dengan memasuki alamat suatu website dengan awalan 'https' maka akan dilakukan autentifikasi data yang aman antara pengguna browser dengan server tujuan.

2. Https akan memperkecil kemungkinan penyerang browser pengguna untuk membobol, mencuri maupun memata-matai data yang sedang dilakukan antara pengguna dengan server tujuan.

3. Dengan alamat awalan https sebuah server akan menjamin keamanan komunikasi antara server dan pengguna browser. Dimana lintas datanya telah dilakukan enkripsi atau penyandian sedemikian rupa.

4. Namun ada sedikit beda kecepatan transfer data antara http dan https. pengalamatan dengan mode aman https akan melalui serangkaian proses autentifikasi user dengan server dan akan memakan waktu loading data yang sedikit lebih lama dibanding protokol http.


Dari uraian diatas apakah memang https bisa sepenuhnya aman ?. tentu jawabannya belum aman sepenuhnya. karena para cracker atau penyusup data bisa melakukan aksinya tanpa mengganggu pengguna browser tapi melalui server penyedia. Para pembobol akan melakukan aksinya langsung ke server tujuan dikarenakan dengan mode aman https para pembobol data akan kesulitan untuk mengurai enkripsi data langsung ke browser pengguna.

Semoga sedikit ulasan tentang beda http dan https diatas bisa menambah wawasan kita tentang dunia browser. semoga bermanfaat.

Baca juga : Fungsi cache browser android
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...