*Popular Topic*

Kapan Waktunya HP Android harus direset dan di-Flash Ulang ?

» , , , » Penyebab Pending Berbagai Aplikasi Messenger

Penyebab Pending Berbagai Aplikasi Messenger


Apa Penyebab Pending Berbagai Aplikasi Messenger ?. Dalam ulasan kali ini Dunia android akan menjabarkan apa dan bagaimana berbagai aplikasi messenger bisa ada jeda pengiriman atau dalam istilah IT disebut Pending. Sudah dari jamannya short message service (SMS) apa yang disebut pending delivered terjadi. Pengiriman pesan singkat berupa teks dikirim kemudian belum sampai ke tangan penerima itulah yang benar-benar dinamakan pending. Jadi bukan gagal pengiriman tapi belum sampainya pengiriman pesan itulah pending. Sekarang, apa penyebab pending itu sebenarnya ?, ikuti ulasannya di bawah ini.


Dalam dunia IT, Pesan berbentuk teks walau itu sebuah huruf 'a' atau sebuah spasi saja sudah mengandung nilai byte didalamnya, mengandung nilai ukuran dalam satuan 'byte'. Semakin banyak teks yang diketik maka besar kapasitasnya dikali jumlah huruf tersebut. Pesan teks setelah ditulis dan dilakukan sending akan 'mampir' dahulu ke server operator pesan. Kemudian dari server operator akan dialihkan atau dikirim ke destination ( tujuan ) penerima.Itu gambaran garis besar pengiriman sebuah pesan elektronik, baik itu via ponsel maupun email. 

Yang menjadi pertanyaan, apakah sama pending di SMS dengan pending di aplikasi messenger seperti whatsapp, BBM, Tango atau aplikasi lainnya ?. Sama, yangembedakan hanya antar muka aplikasi dan jaringannya saja. Disini saya akan menjelaskan apa saja yang bisa menyebabkan pending pada sebuah aplikasi messenger, salah satunya sebagai berikut :
  1. - Pesan yang sudah di sending ( dikirim ) kemungkinan besar masih ada di server penyedia aplikasi dan belum dikirim ke penerima karena banyaknya lalu lintas data.
  2. - Pesan pending bisa jadi belum terkirim ke server namun aplikasi salah dalam memberikan notifikasi. Dalam hal ini dinamakan 'Bug Aplikasi' atau gagalnya aplikasi. Update aplikasi berkala bisa memperbaiki kinerja dan masalah pending yang disebabkan gagalnya aplikasi dalam hal Notifikasi.
  3. - Pending pesan bisa juga karena jaringan penyedia data internet bermasalah , sehimgga sinkronisasi data pengguna dengan server penyedia aplikasi messenger tidak maksimal sehingga terjadi pending pesan.
  4. - Server Overload. nah, kalau masalah yang satu ini memang jadi momok tersendiri. Bila server sudah overload lalulintas pengguna maka dipastikan pending tak terelakkan. Sistem di server akan melakukan antrian layaknya kita antri di bank, siapa yang dulu datang dia yang akan dilayani, begitu seterusnya. 
  5. - adanya error pada aplikasi itu sendiri. Bila ini terjadi maka sebaiknya segera update atau lebih baik copot aplikasi messenger tersebut dan install kembali dengan yang fresh. Cara ini lebih efektif menyelesaikan masalah.
  6. - dan yang terakhir adalah sambungan internet terputus atau kehabisan kuota data... hehe
Nah, diantara penyebab pending di aplikasi messenger diatas setidaknya kita tahu apa dan bagaimana sebuah aplikasi messenger itu bekerja. Jadi jangan kelabakan lagi kalau Pending pesan suatu saat menghampiri ponsel anda. semoga bermanfaat.

loading...

2 komentar:

  1. yang paling keren itu yang terakhir,,,, gimana solusinya pak? terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, yg soal kehabisan kuota internet itu yang memang bikin pusing solusinya mas ...xixixi..

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...