*Popular Topic*

Cara Melihat Kode batang QR akun WhatsApp

» , , » 2 Cara Alat Recovery akun email gmail

2 Cara Alat Recovery akun email gmail



2 Cara Alat Recovery akun email gmail. Dunia Android kali ini masih membahas tentang akun email agar pembaca setia Dunia android tidak tanggung-tanggung dalam mengelola serta mengamankan akun yang sangat penting ini. Nah, kali ini yang ingin saya bahas adalah tentang 2 cara recovery email yang perlu dipersiapkan untuk menjaga bila suatu saat nanti email kita tidak bisa dibuka maupun dibobol oleh seseorang. apa saja itu ? ikuti ulasannya di bawah ini.


Untuk mengamankan sebuah akun email sebenarnya bukanlah suatu hal yang rumit. Caranya se-simple kita membuat akun email itu sendiri. Dalam suatu kasus, ada seseorang yang sudah tidak bisa mengakses emailnya karena lupa password atau usernamenya. Lalu apa yang harus dilakukan ?, tentu dibutuhkan recovery (memperbaiki) lagi akun yang lupa tersebut. Di settingan akun email sendiri sudah ada menu khusus untuk merecovery akun yang bermasalah dengan 2 cara yang simple, yaitu :

  • 1. Melalui email kedua / email lain. 
Maksudnya adalah bila kita mempunyai akun yang tidak bisa diakses maka langkah recovery melalui akun email lain. Dimana nantinya ada tahapan yang akan meng-autentifikasi / memverifikasi kepemilikan akun pertama (yang bermasalah) ke email yang kedua. Di email kedua akan ada pesan pemberitahuan yang akan mengarahkan anda ke link recovery akun.

  • 2. Melalui nomor Telephone.

Maksudnya adalah bila kita mempunyai akun email yang bermasalah entah itu lupa password atau apapun maka melalui verifikasi SMS di nomor telepone akan mudah sekali mengembalikan akun yang bermasalah tadi. Jadi fungsi nomor telephone untuk recovery nantinya akan ada pesan dari server akun yang berisi kode untuk nantinya digunakan memvalidasi akun yang akan direcovery.


Baca juga : Cara mudah mengamankan akun email

Lalu bagaimana cara setting kedua cara diatas ? , begini caranya :
1. Umpama kita memakai ponsel android, silahkan buka browser, terserah browser apapun itu, bisa browser bawaan android, chrome, opera atau yang lainnya.

2. silahkan masuk ke akun email sobat,umpama kita memakai email dari gmail ketik saja di alamat browser 'mail.google.com' ( tanpa tanda petik), kemudian tekan enter. 

3. Masukkan username / password anda. Setelah masuk, kita langsung saja menuju ke settingan account. ketik lagi di alamat browser 'accounts.google.com', tekan enter / masuk.

4. Setelah masuk ke settingan account sobat akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini.


5. geser agak ketengah, disitu sudah ada menu recovery email dan recovery phone. Silahkan dibuka satu persatu dan isikan datanya. Contoh, di recovery email sobat isi dengan email kedua yang anda punya, email itu nantinya sebagai alat cadangan untuk mengembalikan akun apabila akun pertama bermasalah. Begitu juga pada bagian recovery phone isi dengan nomor telephone sobat.

Bagaimana, mudah bukan cara menyiapkan recovery 2 langkah di akun email kita ?. semoga tips diatas bermanfaat.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...

loading...