» , , , » Android bisa bicara dengan TalkBack menu

Android bisa bicara dengan TalkBack menu


Android bisa bicara dengan TalkBack menu. Ingin ponsel android anda mengeluarkan kata-kata ketika kita menyentuh berbagai tombol di layar android ?, atau kita dapat membaca teks pesan hanya dengan mendengarkan saja karena sudah dibacakan oleh ponsel android ?. Tentu saja android bisa untuk melakukan itu semua dan tanpa aplikasi pihak ketiga. Bagaimana membuat ponsel android bisa bicara ?. simak tips dan caranya di bawah ini.

Sebelumnya, mengenai fungsi yang bisa membuat suatu interaksi antara pengguna dan ponsel merupakan fitur-fitur untuk mempermudah user diantaranya bagi tuna netra atau yang ada masalah dengan penglihatan. Fitur TalkBack di android bisa melakukan itu semua, Pengguna yang melakukan interaksi di layar android baik itu menyentuh tombol menu, mengetik via keyboard, menutup layar, membuka aplikasi dan lain sebagainya semua diucapkan oleh android. tentu cara berinteraksi secara normal dengan setelah fitur talkback diaktifkan akan lain dalam aplikasinya. 


Di bawah ini cara mengaktifkan fitur talkback agar android bisa 'bicara' sendiri :

1. Silahkan masuk ke menu settingan dan masuklah ke menu Aksesibilitas.

2. Dibagian atas sendiri ada fitur layanan yang berisi menu 'TalkBack', masuklah ke menu talkback.

Menu TalkBack

3. Dalam kondisi default, android menonaktifkan fungsi talkback. sekarang aktifkan menu talkback tersebut. Ada notifikasi yang nantinya akan memberitahu bagaimana menggunakan fitur canggih ini.

4. Bila sudah aktif kemudian bagaimana cara kerjanya ?, mudah sekali. setiap kali kita menyentuh tombol apapun dilayar maka kita akan diberitahu dengan suara apa dan bagaimana kondisi tombol tersebut. Contohnya, bila kita menyentuh menu 'pesan' maka seketika itu pula ponsel bergetar dan mengucak kata 'pesan' dan untuk masuk ke pesan maka kita bisa ketuk 2 kali di menu tersebut. bagitupun ketika kita mengetik, setiap tombol abjad akan berbunyi ketika disentuh.


Nah, ternyata android memang benar-benar canggih kan ?..hehe. Semoga ulasan android bisa bicara dengan talkback menu diatas menambah ilmu kita tentang seluk beluk sistem operasi robot hijau ini. semoga bermanfaat.

baca juga : fungsi 'layar nirkabel' di android

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...