» » Apa beda ROM dan RAM di android ?

Apa beda ROM dan RAM di android ?

Apa beda ROM dan RAM di android ?. Terkadang banyak kesalahan dalam mengartikan apa itu ROM dan apa itu RAM, ada yang menganggap keduanya sama bahkan berbalik mengartikan fungsinya. Kali ini Dunia android akan mengulas bagaimana dan apa itu ROM dan RAM. yuk disimak ulasannya di bawah ini.

RAM atau Random Access Memory merupakan memori sementara yang data-data didalamnya akan hilang bila sistem telah dimatikan. RAM merupakan memori jenis volatile yang berarti bisa ditulis dan dihapus. Namun penulisan data pada ram dilakukan oleh sistem itu sendiri, dimana fungsi RAM membantu kinerja dari processor. Kalau alur secara garis besar bahwa sebuah processor akan bekerja bila RAM telah memerintahkan suatu data untuk diangkut kemudian baru diproses di processor. Ram berisi Script dari sistem maupun aplikasi yang sedang berjalan yang kemudian diolah oleh processor. Semakin besar RAM maka semakin ringan pula kinerja sebuah processor.


Sedangkan ROM (Read Only Memory) merupakan memory jenis non volatile yang hanya bisa dibaca namun tidak bisa dilakukan penulisan maupun dihapus. ROM tidak seperti RAM, dimana data permanen yang tersimpan didalamnya akan tetap ada walaupun sistem sudah dimatikan. ROM umumnya berisi data sistem ponsel dan settingan khusus dari pabrikan yang berfungsi untuk kelancaran sistem operasi. ROM juga bisa berisi aplikasi serta segala pendukungnya.

Sekarang kita ambil contoh suatu analogi ROM dan RAM sebagai berikut. Seandainya kita mempunyai RAM sebesar 512 Mb dan di ROM ada aplikasi sebesar 1000 MB maka analoginya adalah RAM akan membawa data sebesar 1000 Mb tersebut sebanyak 2 kali bolak-balik ke processor untuk diolah. Bila Aplikasi yang dijalankan Sebesar 2000 Mb maka tugas RAM adalah membawa data tersebut sebanyak 4 kali bolak-balik ke processor untuk diolah, begitu seterusnya.

Bagaimana, sudah tahu kan apa beda dari ROM dan RAM ?, semoga ulasan diatas bermanfaat dan menambah ilmu pembaca Dunia android sekalian.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...