*Popular Topic*

Apakah Virus Ransomware WannaCry menginfeksi HP Android ?

» , » Apa fungsi kompresi foto di android ?

Apa fungsi kompresi foto di android ?


Apa fungsi kompresi foto di android ?. Mungkin saja sebagian pengguna android tidak meng-amini judul diatas. Namun saya akan teptap membahas mengapa di ponsel android perlu ada aplikasi kompresi atau pemampatan ukuran file sebuah image / foto. Bukan tidak mungkin ternyata fungsi meng-kompresi sebuah image sebenarnya banyak menguntungkan pengguna. Baik segi finansial maupun kecepatan dan kemudahan dalam berkirim gambar. Nah apa saja keuntungan dan fungsi kompresi foto di android ? mari simak ulasan singkatnya di bawah ini.


Sebelum menuju tajuk topik diatas saya jelaskan dahulu apa itu kompresi sebuah image. Dalam dunia digital, sebuah image atau foto yang tercipta mempunyai ukuran file. Bisa dalam byte sampai Megabyte. Ukuran sebuah file foto detentukan oleh resolusi atau kedalaman warna, jumlah pixel dan atribut lain yang disetting sebelum proses pengambilan image. Semakin besar ukuran file foto dipastikan resolusi maupun pixelnya akan semakin bagus dan tidak tampak pecah bila diperbesar beberapa kali. Semakin kecil sebuah image tentu akan berpengaruh pada kedalaman warna serta kurang maksimal bila dilakukan pencetakan digital atau printing.

Namun dalam dunia smartphone resolusi besar tentu akan sangat menjengkelkan bila kita sering berkirim file image ke sesama teman. Karena ukurannya besar maka proses transfer file tentu akan lama dan menguras banyak kuota data, apalagi bagi yang kuota dan kecepatan data internetnya pas pasan. Untuk mengurangi resiko itulah diperlukan adanya sebuah aplikasi pemampat ukuran sebuah file gambar, kalau dalam dunia digital biasa disebut image compresing. 

Kemudian apa saja fungsi serta keuntungan kompresi foto itu ?, salah saatunya seperti di bawah ini :

  • 1.Kompresi foto bertujuan untuk memperkecil ukuran file foto itu sendiri.
  • 2. Untuk mempermudah dan mempercepat berkirim file foto
  • 3. menghemat data internet, karena ukuran file yang lebih kecil.
  • 4. menghindari gagalnya sending atau berkirim file foto. Kasus yang sudah umum terjadi bahwa gagalnya kirim file foto karena terlalu besarnya file disertai koneksi internet yang lambat.
  • 5. Mudah dalam mengunggah suatu image di media social seperti FB, BBM, Blog dan lain sebagainya.

Nah, untuk melakukan hal diatas ( kompresi foto ) diperlukan sebuah aplikasi yang tentunya tidak memberatkan kinerja ponsel pengguna android. Tidak perlu aplikasi berat semacam photoshop atau sejenisnya, karena yang diperlukan adalah fitur kompresinya yang handal dan ringan dijalankan. Dunia android merekomendasikan aplikasi bernama photo Compress yang bisa diunduh melalui playstore dan tentunya gratis. Silahkan ketik saja di kotak pencarian playstore dengan kata kunci ‘Photo Compress’. Penggunaan aplikasi ini mudah dan tidak ribet serta ringan.

Semoga ulasan tentang fungsi kompresi foto di android menambah wawasan sobat semua. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...