» , , , » Cara mengetahui alamat IP wifi yang terhubung

Cara mengetahui alamat IP wifi yang terhubung


Bagaimana Cara mengetahui alamat IP wifi yang terhubung ?. Kebanyakan pengguna smartphone tidak mengetahui alamat Internet Protocol ( IP ) yang ada pada ponselnya ketika terhubung ke jaringan wifi. Walau terlihat sepele namun bagi beberapa pengguna merasa penting untuk tahu Alamat IP yang ada ketika tersambung ke jaringan Wifi. Nah kali ini saya akan memberi tips bagaimana melihat alamat IP di wifi ponsel android, yuk disimak caranya di bawah ini.


1. yakinkan dulu kalau wifi sudah terhubung ke salah satu alamat tujuan, setelah itu masuk ke menu setelan ( pengaturan ).



2. Masuklah ke menu wifi dan anda akan menjumpai list atau daftar jaringan yang sudah terhubung ada bagian atas sendiri. contoh pada gambar di bawah.


3. pada jaringan yang sudah terhubung tersebut klik-lah satu kali, maka akan terlihat pop-up tampilan properties jaringan wifi. 


4. pada tampilan tersebut terlihat beberapa versi IP yang terhubung seperti IPv4 dan IPv6. umumnya jaringan wifi masih di set ke IPv4 dan disitulah letak IP address yang diberikan sumber wifi di ponsel kita. 

Pada setiap ponsel atau PC yang terhubung ke wifi penyedia layanan pasti tidak akan sama satu dengan yang lain karena IP address itu bersifat unik dan tidak boleh ada double IP yang menyebabkan konflik alamat di jaringan.

Semoga ulasan tentang cara mengetahui alamat IP wifi diatas bermanfaat.

11 komentar:

  1. Mas Chandra boleh minta tolong, Android saya wifi nya suka nyala sendiri dan juga muncul aplikasi yang install sendiri, apakah ini virus? terima kasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dalam keadaan normal pasti wifi tidak akan menyala bila tidak dipicu oleh pengguna.. Bila punya mbak dea wifi tiba-tiba menyala sendiri dan ada notifikasi menginstall aplikasi tanpa ijin user bisa dipastikan itu virus atau mallware. Coba mbk ingat2 dulu apakah kejadiannya setelah menginstal suatu aplikasi atau mengunduh program tertentu ? Kalau iya coba diunistall aplikasi yang sekiranya terakhir mbk dea install..

      Delete
  2. mau tanya kenapa ya wifi android saya gak muncul padahal wifi rumah selalu nyala dan ga pernah mati, tpi saya buka pengaturan wifi ga kedetek gitu wifinya...cara biar tau kedetek gimana ya?soalnya sudah saya matikan hpnya tetep gak ngaruh, tapi pas thetring sama hp lain ke detek. please infonya .thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Brarti wifi rmah belum di share sebagai hotspot itu mbak

      Delete
  3. info dong, kenpa ya android saya kalo di sambungkan ke wifi gak muncul gitu??padahal wifi selalu nyala.hp sudah dimatikan juga tetap ga ke detek padahal klo tetring ke hp lain muncul alamat wifinya. tpi kalo pke wifi rumh gak muncul dan mau aktifin gatau caranya. sampe bingung. please infonya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menyambung ke wifi ( sebagai client) caranya pada sambungan yg terhubung di tekan beberapa saat nt ada opsi melihat IP. .. Untuk pertnyaan yg terakhir saya blm menangkap maksud mbk bina.. Mungkin maksudnya tidak terdeteksi ssid-nya atau gmn ?

      Delete
  4. mau tanya, kenapa hp saya, lenovo a536 nggak mau narik sinyal wifi?
    padahal udah connect tapi internetnya lemot banget
    please infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah konek dan internet lemot bisa karena beberapa sebab mas... bisa karena banyaknya penghalang signal wifi atau juga karena hardware wifi yang tidak bekerja sempurna

      Delete
  5. Tanya gan, ane pengguna toshiba ultrabook u940, pas konek wifi.id kok kcepatan cuma 100 kbps padahal teman2 lain bisa nyampe 5 mbps, saya coba ke hotspot lain lancar2 saja dn full speed . . Knapa kok hny di wifi.id saja saya lemot banget . . . Udh tk instal ulang tetep gtu gan .

    ReplyDelete
  6. Gan saya mau tanya nih gan kalo mau ganti pasword wifi rmh gimna memakai hp android

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya, pastikan hp agan sudah terhubung ke wifi di rumah. Kemudian buka browser dan coba ketik alamat ip router. Alamat ip default ada di bagian stiker yg tertempel di bawah router, begitu juga username dan password.
      Setalah masuk silahkan ke menu opsi wireless security..disitu umumnya settingan password wifi berada

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...