Trending Topic

Mengatasi HP restart sendiri ketika buka Facebook

» » Data MicroSD error setelah Dicolokkan PC

Data MicroSD error setelah Dicolokkan PC


Data MicroSD error setelah Dicolokkan PC. Mungkin sebagian pengguna android pernah mengalami memori MicroSD error atau terformat ( hilang data ) setelah kartu microSD dibaca di komputer ?. Padahal pengguna tidak melakukan tidakan format atau delete namun setelah kartu dicabut dari PC dan dimaksukkan Ponsel ternyata datanya hilang semua. Apa yang terjadi ? , yuk ikuti ulasannya.


Proses transfer data dari microSD ke PC (komputer) yang sudah umum dilakukan adalah menggunakan media Card reader maupun langsung via ponsel android itu sendiri. Dibalik itu semua ternyata banyak pengguna yang mengeluh dengan terhapusnya data secara tidak disengaja setelah card reader dicabut dari PC. Apa sebenarnya yang menjadi masalah ?, apakah pada computer atau kartunya sendiri yang bermasalah ?, begini jawaban versi Dunia Android , Ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi ketika tiba-tiba data terhapus setelah kita mencabut MicroSD dari PC yaitu :

1. Kartu MicroSD sudah lemah dan memasuki akhir masa lifetime-nya. Bisa saja kartu memori komponennya sudah kehilangan ketahannya terhadap arus listrik yang keluar masuk ke kartu.

2. Karena proses membaca dan menulis data memerlukan arus listrik dari PC maka bisa juga terjadi lonjakan listrik tiba-tiba yang menyebabkan memori MicroSD rusak.

3. Daya tahan terhadap arus listrik microSD lebih rentan daripada Flashdisk apalagi Harddisk, maka dari itu dengan lonjakan listrik dari komputer yang tidak stabil bisa menyebabkan data hilang secara tidak disengaja walau tidak sampai merusak memori.

4. Kehilangan data bisa juga disebabkan karena pengguna salah dalam mencabut cardreader dari PC tanpa melalui proses 'safe remove device'.

5. dan yang terakhir bisa disebabkan oleh virus yang bercokol di komputer sehingga data dalam memori bisa terhapus karena ulah virus atau malware.

Nah, hal-hal diatas adalah kasus yang sering terjadi pada microSD yang error setelah dicolokkan PC. Semoga ulasan diatas bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...