» , » Kunci layar Face unlock rawan dibobol

Kunci layar Face unlock rawan dibobol


Kunci layar Face unlock rawan dibobol. Penggunaan ponsel android tidak lengkap rasanya bila tidak dilengkapi pengunci ponsel atau layar. Dimana sistem keamanan sebuah ponsel pintu utamanya adalah awal mula terbukanya layar ponsel kita. Berbagai macam tipe pengamanan layar ponsel memang tersedia untuk ponsel android dengan berbagai pilihan, salah satunya adalah Face unlock. Namun ada kelemahan untuk tipe pengunci layar yang satu ini. apa saja itu? yuk ikuti ulasannya di bawah ini.


Pengunci layar tipe face unlock atau deteksi wajah seperti namanya terlihat canggih dan mengesankan. Dalam benak pengguna android pasti terbayang kalau wajahnya yang dipakai untuk membuka pengunci layar adalah unik tanpa bisa disamai oleh orang lain. Kenyataannya banyak kelemahan yang ada pada tipe face unlock ini dan salah satunya dari segi keamanan. apa saja kelemahan dari tipe pengunci layar face unlock ? berikut ini penjelasannya.

1. Face unlock di android akan mudah terbuka kalau ada seseorang yang 'hampir' mirip dengan wajah anda. walau tidak mirip secara detail namun bisa saja sudut dan kecerahan wajah sama ketika dideteksi kamera depan sehingga ponsel akan terbuka.

2. Sistem detail data rekam wajah di ponsel android umumnya tidak sedetail dan selengkap sistem rekam data wajah pada alat yang dikhususkan untuk keperluan tersebut. Dari segi harga alat yang murni untuk deteksi wajah tergolong mahal. 


3. Dengan hanya mengandalkan kamera depan, pengambilan sample kecerahan dan sudut wajah tidak sepenuhnya membuat pengguna android unik. Pengguna lain yang kecerahan dan sudut (bentuk) wajah yang hampir mirip juga bisa terdeteksi sama.

4. Pengguna akan banyak kesulitan ketika ingin membuka layar ponselnya karena bila kondisi kecerahan ruangan tidak sama dengan waktu pertama kali dipotret maka ponsel akan gagal terbuka. maka dari itu tipe kunci layar face unlock jarang yang meng-fungsikannya.

Dari semua hal yang saya sebutkan diatas setidaknya memberikan suatu gambaran bahwa face unlock memang dari segi keamanan dan fungsionalitasnya masih kalah dengan bentuk Pola, Kata sandi maupun PIN. Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi pembaca dunia android.

2 komentar:

  1. Kalau punya saya terus terang Bang Chandra jarang saya kasih KODE/KATA SANDI paling kunci biasa saja soalnya saya orang pelupa banget bang...hahahyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha..kalau saya dikasih pin ATM beserta kartunya bang icah saja deh mau...hahayyy

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...