Home » , , » Penyebab Kuota Data internet HP cepat habis

Penyebab Kuota Data internet HP cepat habis


Kuota data internet anda cepat habis tanpa disadari penggunaannya ?, mungkin banyak pengguna android yang pernah mengalami kuota internet cepat habis walau merasa tidak pernah dipakai alias jarang browsing atau bersosial media. Apa sebenarnya yang terjadi dan bagaimana cara penanganannya ?, yuk ikuti ulasannya di bawah ini.



Kuota atau batasan data yang sering habis tanpa disadari pengguna internet menjadi momok tersendiri apalagi yang isi dompetnya lagi kembang kempis. Bahkan tudingan miring terhadap pihak operator sebagai penyebab semua itu padahal belum tentu dan jarang terjadi. Apa sebenarnya yang terjadi ? berikut ini beberapa opsi dan argumen tentang habisnya kuota data yang cepat habis tanpa disadari.

1. Dalam kondisi anda tidak membuka aplikasi apapun coba dilihat apakah proses upload dan download terjadi pada ponsel anda, caranya lihat di status bar tanda internet di pojok kanan atas, kalau ada tanda panah keatas dan kebawah terus menerus berarti ada permintaan koneksi data, entah itu dari aplikasi social media seperti FB, twitter, Line, whatsapp dan lain sebagainya.

2. Semakin anda banyak menginstall aplikasi yang membutuhkan syncronisasi semakin banyak menyedot kuota data anda.

3. Mungkin anda sering update atau berkomentar di social media ?, itu juga salah satu penyebab borosnya data internet. walau aktifitas berkomentar maupun update di social media sudah ditutup namun dibalik layar ponsel anda masih terjadi syncronisasi data internet.



4. Banyak menginstall game online. Semakin banyak game online anda tanam tanpa anda sadari aplikasi tersebut berjalan dibalik layar juga untuk proses syncron data.

5. Adanya malware atau virus yang berjalan di ponsel sering menjadi penyebab utama borosnya data internet tanpa diketahui. Silahkan scan ponsel dengan antivirus untuk memastikannya.
Dari beberapa sebab diatas ada solusi untuk mengatasinya yaitu :

1. Cobalah mematikan paksa aplikasi seperti social media maupun game yang biasa anda mainkan. cara mematikan aplikasi secara paksa bisa dilihat pada tutorial saya terdahulu.

2. Coba anda ingat kira-kira kapan mulai terjadinya boros kuota anda lalu copot atau unistall aplikasi yang terakhir anda tanam di ponsel.

Semoga ulasan dan tips diatas bermanfaat bagi pembaca Dunia android semua.

Share This Post

FacebookGoogle+Twitter

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...