» , , , , » Solusi Baterai habis tidak bisa di charge

Solusi Baterai habis tidak bisa di charge


Solusi Baterai habis tidak bisa di charge. Maksudnya yaitu Baterai kehabisan daya dan tiba-tiba sewaktu dilakukan charge tidak bisa masuk arusnya. Banyak kejadian seseorang pengguna ponsel android maupun ponsel lain yang dalam penggunannya terkadang lupa untuk mengisi ulang daya baterai sehingga ponsel mati dan tidak bisa dicharge. Apakah baterai rusak ? ternyata tidak demikian, ada beberapa sebab yang menyebabkan baterai ponsel gagal dilakukan penge-charge-an. Mari ikuti ulasan di bawah ini.
Baterai yang tidak mau di -charge ada beberapa sebab seperti :


1. Baterai memang benar-benar rusak, bisa rusak sel-selnya maupun rusak pada bagian sirkuitnya.

2. Baterai dalam kondisi zero atau Nol tegangan sehingga daya dari charge tidak bisa memantik sel-sel di dalam baterai ketika dilakukan penge-charge-an.

3. Daya dari alat charge terlalu kecil.

4. Alat charge yang rusak atau bermasalah.

Desktop charge
Dari segala kemungkinan diatas apabila ponsel yang tadinya tidak terjadi problem dan tidak bisa di-charge hanya karena kehabisan daya kemungkinan besar penyebabnya seperti no 2 diatas. Bagaimana untuk mengatasinya ?, lakukan langkah di bawah ini.


1. Lepas baterai ponsel, kemudian charge sekitar 1 menit menggunakan charge berbentuk desktop. Dimana charge desktop umumnya mempunyai ampere yang besar sehingga bisa 'memaksa' daya untuk masuk ke baterai yang kosong tadi.

2. walaupun cara nomor 1 paling bisa diandalkan, tidak semua orang mempunyai charge bentuk desktop ini. kalau ternyata tidak punya charge desktop maka carilah pinjaman charge yang mempunyai ampere (daya) lebih besar dari charge bawaan ponsel.
Cara - cara diatas sudah umum dilakukan para tukang service ponsel dimana penggunaan travel charger atau charger desktop memang lebih efektif menyelesaikan masalah apabila baterai ponsel kosong dan tidak bisa diisi dengan menggunakan charge bawaan ponsel. 

16 komentar:

  1. ini di dekstok juga gak bisa batrai nya gan? apa berarti batrai udah rusak berat bos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bila pakai desktop charge tidak bisa maka baterai bisa jadi sudah rusak mas

      Delete
  2. Klo mau beli charge yg mempunyai ampere(daya) lebih besar dr charge bawaan ponsel,dimana yg biasa jual?? Charge nya ada namanya ga?? Biar gampang saat nanya di toko...

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak kok yang jual di toko2 accesories HP, untuk nama spesifiknya tidak ada, kalau merek banyak... kalau ingin beli langsung bilang saja yang amperenya besar , atau bisa juga mbk melihatnya langsung di bodi chrger-nya berapa nila amperenya.

      Delete
  3. klo utk tablet gmn om, kan battrei nya nggak bisa dilepas...

    ReplyDelete
  4. tablet ane kehabisan daya sampai mati seminggu, pas di charge ga mau ngisi..gmn solusinya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau jenis bterai non removable maka coba mencopot batrai dulu beberapa saat baru psang kembali. Namun krena non removble maka dibongkar dlu untuk dpt mencopot bateri yv tertutup cassing.

      Delete
  5. Kalo di charger gambar persen hpnya doang itu knpa gan?

    ReplyDelete
  6. Hp tablet baru mau di charge setelah dibantu dekstop dulu mas..setelah sisa 30%nan..gak bisa lagi di charge..harus di dekstop dulu beberapa saat. Baru mau di charge..itu kenapa ya mas?

    ReplyDelete
  7. J5 15 ko tiba" gk bisa di cas ada tulisan suhu batray telaluh renda

    ReplyDelete
  8. gmn kalau hp xiaomi baterai tanam gan? kasus sama ky nomor 2

    ReplyDelete
  9. kalo batrey.nya ttp gak bisa terisi walopun pake desktop, apa emang btry.nya udah rusak ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mas, kemungkinan besar bila di charge dengan desktop sudah tidak masuk atau terisi maka baterai sudah bermasalah

      Delete
  10. gan kalau tab yg non-removable battery gimana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba memakai charge yang amperenya agak besar, biasanya tukang service ponsel punya charge khusus untuk 'memancing' daya baterai agar bisa diisi ulang...

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...