» » Mengenal ciri penipuan via SMS

Mengenal ciri penipuan via SMS


Bagaimana mengenali Ciri-ciri Penipuan SMS undian berhadiah di ponsel kita ?. Sebenarnya mudah sekali mengenali bentuk-bentuk penipuan baik itu via SMS maupun lewat media elektronik lainnya. Kali ini dunia android akan mengulasnya untuk pembaca semua.


Semakin canggih era digital dibarengi semakin pandai pula para penipu melakukan aksinya lewat jaringan elektronik. Semisal adanya penipuan via SMS yang belum pudar pamornya sampai sekarang dan bahkan lebih mempunyai trik-trik baru untuk menggaet targetnya. Orang awam yang belum mengetahui bagaimana ciri-ciri penipuan via SMS tentu akan menjadi sasaran empuk.

Lalu bagaimana mengenali dengan mudah ciri-ciri penipuan lewat SMS ? :

1. Penipuan via SMS umumnya bila dilihat dari sender (pengirimnya) berupa nomor telepon, contoh bisa dilihat di gambar bawah. Bila pengirim benar-benar dari salah satu operator selular maka label pengirim juga bertuliskan nama operator selular seperti Telkomsel, indosat dan sebagainya. jadi bila pengirim labelnya berupa nomor tertera maka dipastikan itu adalah bohong.


2. Umumnya penipuan akan mengirim pesan dan diakhir pesan dia mencantumkan link sebuah situs gratisan seperti blogspot, wordpress dan lain sebagainya. hal tersebut untuk meyakinkan pengguna agar percaya dengan membaca situs abal-abal tersebut. lihat contoh situs penipuan di bawah ini.


3. Ciri penipuan lain via SMS seperti mengatas namakan suatu operator tertentu dan meletakkan link atau nomor telepon CS (costumer service) yang tentu saja nomor tujuan si penipu.

4. Bila nomor yang tertera dihubungi dipastikan kata terakhirnya ujung-ujungnya meminta kita mentransfer sejumlah uang dwngan alasan pajak undian sekian persen.

5. Dan yang paling unik dan jelas adalah nomor si penipu pasti nomor acak alias nomor 'tidak cantik', mengapa demikian ?, karena penipu pasti memakai nomor tersebut secara temporer alias sekali pakai saja lalu buang agar tidak terlacak pihak berwajib.

Nah, diantara ciri-ciri penipuan via SMS diatas semoga bisa menjadikan pembelajaran bagi kita, tentunya kerabat dan teman dekat kita harus kita beri pengetahuan tentang ciri-ciri penipuan tersebut. Semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. Betul mas, sering banget saya mendapati pesan seperti contoh diatas, nggak saya balas sih langsung di hapus saja soalnya udah feeling itu penipuan xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi orang yg masih awam soam pnipuan sms mungkin langsung pcy kali ya mbk wida..hehe..
      Makasih komentarnya mbk

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...