» , , » Penyebab Koneksi Wifi Ponsel putus nyambung

Penyebab Koneksi Wifi Ponsel putus nyambung



Penyebab Koneksi Wifi Ponsel putus nyambung ? apa sebab dan solusinya ?. Lagi-lagi Dunia android akan membahas tentang problem koneksi Wifi di Ponsel android. Banyak pengguna androod mengeluhkan tentang putus nyambungnya koneksi wifi tanpa sebab yang diketahui. Hal itu lumrah terjadi pada koneksi jaringan wireless dan pasti ada solusinya. mari ikuti ulasannya di bawah ini.

Baca juga : Tips hemat daya baterai di jaringan wifi

Beberapa penyebab koneksi wifi di ponsel tiba-tiba putus nyambung dengan sendirinya ada beberapa kasus seperti di bawah ini :

1. wifi tiba-tiba putus sementara dan menyambung sendiri setelahnya. Itu bisa disebabkan :

a). Server / router wifi yang bermasalah. Hotspot penyedia wifi kemungkinan terjadi reset, mati power maupun pengguna yang berjejal ( banyak pengguna ).

b). Ponsel pengguna yang bermasalah. Bisa karena hardware maupun software yang bermasalah. Wifi hardware yang panas bisa menyebabkan koneksi tiba-tiba terputus. Dari sisi software wifi-nya sendiri kemungkinan ada gagal proses dan mengulang proses dari awal ( restart wifi ).

c). Terlalu banyak penggunaan RAM sehingga proses wifi gagal melakukan tugasnya sehingga sistem operasi harus merestart ulang koneksi.

d). Terlalu berat melakukan proses unggah dan unduh data bisa menyebabkan koneksi tiba-tiba terputus walau jarang kasus ini terjadi.


e). Ada refresh router secara berkala bisa menyebabkan wifi tiba-tiba terputus dan menyambung setelah router / hotspot siap kembali.

2. Wifi tiba-tiba terputus dan menyambung tapi membutuhkan otentifikasi berupa password. hal itu terjadi karena router / hotspot melakukan pemutusan, refresh koneksi maupun proses otentifikasi berkala demi keamanan jaringan dari para pembobol.

3. Wifi tiba-tiba terputus dan menyambung dalam waktu agak lama. Bisa disebabkan penyedia jaringan maupun ada masalah pada ponsel itu sendiri. Apabila yang menjadi masalah ada pada ponsel maka solusinya silahkan matikan koneksi wifi beberapa detik lalu nyalakan kembali. hal itu dilakukan agar ada pembaharuan IP address di ponsel. bila tetap terjadi putus nyambung coba restart ulang ponsel. kalau masih seperti semula dan yakin ponsel tidak bermasalah sebelumnya maka permasalahan ada pada penyedia wifi.
Diantara sebab-sebab putus nyambung wifi diatas memang semata-mata bukan ada pada ponsel tapi juga pada penyedia wifi / hotspot. jadi menyikapinya secara bijak merupakan cara paling baik untuk menyelesaikan masalah wifi. cari penyebab dan ambil solusi. semoga bermanfaat.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...

loading...