Home » , » Penyebab Panas berlebih ponsel android

Penyebab Panas berlebih ponsel android


Kali ini saya admin akan membahas topik Penyebab Panas berlebih ponsel android. sebenarnya Panas pada perangkat elektronika khususnya ponsel (smartphone) bukan suatu hal yang perlu dikhawatirkan. Bukan seperti ponsel jamannya Java yang selalu dingin walau digunakan berlama-lama. Namun apa dikata, namanya pengguna pasti banyak yang bertanya-tanya mengapa ponsel android panas, apakah tidak berbahaya ?. mari simak ulasan tentang panas di HP android berikut ini.


Ada beberapa sebab mengapa ponsel panas antara lain :
  1. Ulah pengguna. Dimana pengguna itu sendiri yang menjadi potensi utama panasnya ponsel. seperti meletakkan ponsel didekat sumber panas, membungkus ponsel dengan karet terlalu tebal, berlama-lama melakukan sambungan telepone dan lain sebagainya.
  2. Kekuatan sinyal. Sinyal yang lemah berpotenai besar menyedot daya baterai sekaligus membuat ponsel panas. hal itu disebabkan komponen penala sinyal bekerja ekstra untuk menstabilkan sinyal yang lemah agar tidak terputus. bedakan dengan keadaan dimana sinyal full dan stabil maka ponsel akan lebih dingin.
  3. Penggunaan mode jaringan WCDMA atau 3G. sudah banyak diketahui pengguna android dan pengguna sistem operasi lain bahwa sinyal 3G sangat berpotensi meembuat panas ponsel berlebih. Bedakan jika anda berada pada sinyal GPRS atau EDGE pasti ponsel terasa lebih dingin.
  4. Beban aplikasi. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan semakin membuat kinerja ponswl berat dan akhirnya panas. Banyak pengguna tidak menyadari bahwa menutup aplikasi umumnya tidak menutup secara sempurna prosesnya sehingga aplikasi akan bertumpuk di balik layar tanpa disadari. Dengan bertumpuknya aplikasi yang tidak tertutup sempurna maka beban prosessor dan RAM ponsel akan semakin tinggi dan panas.
  5. Berlama-lama membuka aplikasi yang berat. Maksudnya aplikasi yang membutuhkan kinerja Prosessor dan RAM besar seperti Game 3D dan editing Video.
Dari beberapa kemungkinan penyebab panas diatas sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan. Ponsel akan memberi sinyal dini kalau suatu saat panas dan akhirnya membebani ponsel seperti aplikasi tiba-tiba berhenti lama atau mungkin restart (reboot) dengan sendirinya.

Share This Post

FacebookGoogle+Twitter

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...