» , , » Powerbank darurat dari baterai Kotak 9 volt

Powerbank darurat dari baterai Kotak 9 volt

Cara Buat Powerbank darurat dari baterai Kotak 9 volt. Seandainya di perjalanan anda lupa membawa charge ponsel atau powerbank tentu segala cara agar mendapat asupan daya baterai bisa didapatkan, salah satunya membuat cara alternatif yang murah untuk membuat rangkaian charge alias powerbank tanpa membeli charge baru diperjalanan. Charge alternatif ini selain murah juga bisa dilakukan tanpa perlu melakukan langkah penyolderan. 



Solusi charge atau powerbank darurat dari baterai kotak 9volt ini saya hadirkan karena ada saatnya sobat pembaca pernah disaat perjalanan tidak memungkinkan ditemukannya sumber PLN. kelebihan dari powerbank ini nanti adalah bekerja layaknya powerbank pada umumnya, hanya saja baterai yang dipakai baterai kotak 9volt yang mudah didapat dipasaran dan tidak dapat dicharge ulang. di bawah ini contoh powerbank / charge dari baterai kotak yang saya praktekkan dan berhasil.


Teknik membuat powerbank dari baterai kotak 9volt pada dasarnya sama dengan teknik membuat charge dari accu sepeda motor maupun dari baterai UPS yang sudah pernah saya ulas. Kelebihannya disini nanti anda tidak perlu melakukan penyolderan untuk menghubungkan komponen dengan baterai maupun kabel karena situasi diperjalanan tidak memungkinkan melakukan hal itu.
Bagaimana cara buatnya ?, silahkan disimak :

1. Sebelumnya diperjalanan carilah toko elektronika dan beli komponen seperti : IC 7805 (1 biji), Baterai kotak ( 1 biji ), kabel ( setengah meter saja ). Saya beranggapan anda sudah mempunyai kabel data / beli juga boleh..hehe (1 biji), isolasi secukupnya.

2. Cara merakitnya seperti gambar di bawah ini.

Powerbank baterai kotak

3. bila dalam kondisi diperjalanan dan tidak memungkinkan melakukan penyolderan maka sambungkan kabel dengan baterai diisolasi, kabel dengan komponen disambung dipilin kemudian diisolasi. intinya semuanya tersambung seperti gambar diatas.

4. jika yakin sambungan sudah benar silahkan dicoba...

Cara diatas apabila anda sedang berada dirumah dan mempunyai peralatan solder pasti perakitannya lebih rapi. Semoga bermanfaat.

3 komentar:

  1. Om cara ngisi nya kok lama banget? Cara ngisi lebih cepat gimana om caranya?tolong di bales

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lama silahkan ditambah baterainya dengan cara sambungan paralel mas,,,agar amperenya gede namun voltase tetap. aman kok..

      Delete
  2. Cara membuat power bank dr magnet korek gas, gmn ya penasarN aq..

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...