» , » Beberapa pengaruh kecepatan internet ponsel

Beberapa pengaruh kecepatan internet ponsel


Berapa cepatkah kecepatan sambungan data internet di ponsel android anda ?. Kecepatan transfer data internet dipengaruhi beberapa sebab, khususnya kecepatan internet operator selular yang 'konon' katanya rata-rata sudah mempunyai kecepatan diatas 5 Mbps atau setara HSUPA ataupun WCDMA. 


Namun kecepatan yang sesungguhnya kita terima ( khususnya di ponsel ) jauh berbeda antara satu ponsel dengan ponsel yang lainnya. kok bisa begitu ?, ini dia penyebabnya :

1. Letak Antena BTS operator selular terhadap pengguna internet. Semakin jauh letak kita dari antena pemancar maka semakin lambat dan lemah pula transfer datanya.

2. Fitur sambungan data di ponsel itu sendiri. Smartphone sekarang ini sudah rata-rata mempunyai kecepatan tinggi kelas 3G maupun 4G, namun ada juga yang masih menggunakan fitur EDGE yang jauh beda kecepatannya.

3. Komponen penerima di masing-masing smartphone. Walau sama-sama mempunyai fitur berkecepatan 3G atau 4G namun lain merek maka bisa lain pula hasilnya. Penala di setiap merk ponsel akan berbeda satu sama lain.

4. Kepadatan pengguna dan traffik. Hal ini yang jarang diketahui pengguna operator selular. Semakin padat pengguna salah satu operator selular dalam satu area (BTS) maka akan berlaku pembagian bandwidth data ke masing-masing pengguna sama rata. 

5. Interverensi sinyal elektromagnet. Bukan tidak mungkin sinyal data internet akan menurun bila meletakkan ponsel di dekat perangkat elektronik lain yang menghasilkan gelombang signal elektromagnet seperti televisi, microwave dan lain sebagainya. 

Nah diantara sebab-sebab diatas bisa menjadi gambaran pengguna internet khususnya pemilik smartphone tentang kuat lemahnya kecepatan internet di gadgetnya. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...