» , , » Bug Paling berbahaya android ditemukan

Bug Paling berbahaya android ditemukan

Tahukah anda bahwa Pakar keamanan smartphone dari Zimperium telah melaporkan adanya bug atau celah berbahaya yang bisa merusak sistem operasi Android. Jika tetap dibiarkan, bug ini nantinya dipercaya bisa membuat ratusan juta perangkat Android di dunia rentan terhadap serangan cracker (hacker jahat) yang menyusup ke dalam sistem android.


Masih Menurut pakar Zimperium, Nama Celah keamanan atau Bug tersebut bernama Stagefright. bug itu terdapat di software / aplikasi media playback bawaan dari Android. Sekitar 950 juta perangkat Android di dunia disebut-sebut bisa dieksploitasi lewat bug Stagefright. Seperti diketahui bahwa di sebuah sistem operasi setiap celah masuknya penyusup via bug yang ada haruslah secepatnya diperbaiki. "Masalah bug Stagefright mengancam 95 persen perangkat Android, prosentase itu setara dengan 950 juta perangkat," ujar pakar Zimperium dalam situs mereka, (Daily Mail (27/07)).

Para hacker agar bisa memanfaatkan bug Stagefright, yang diperlukan hanya sebuah senjata nomor telepon pengguna perangkat Android. Setelah itu hacker dengan mudah mengirimkan sebuah MMS (pesan multimedia ) yang didalamnya disisipi kode jahat .di saat MMS itu telah sampai di perangkat pengguna android, otomatis hacker bisa dengan mudah mengambil alih perangkat secara penuh tanpa diketahui pengguna walaupun pengguna tidak membuka MMS tadi.

Hacker dengan mudah membajak sistem android seperti menjalankan kamera, mengirim pesan, menghapus data dan sebagainya tanpa campur tangan pengguna android. "Saat serangan sukses dilakukan, hacker mampu menghapus sebuah pesan yang masuk sebelum Anda sempat lihat. Yang mungkin tersisa hanya notifikasinya saja," lanjut keterangan Zimperium.

Siapa yang menemukan celah keamanan tersebut ?, dia adalah Joshua Drake. Joshua pun segera melaporkannya ke Google dan memperoleh imbalan sebesar 17 juta berkat jasanya.Banyak vendor smartphone belum menerbitkan patch (Menambal Bug) dari Google itu. Sebagai akibatnya nantinya jutaan pengguna smartphone Android masih dibayang-bayangi 'ganasnya' bug Stagefright.

1 komentar:

  1. trimakasih atas infonya ... sedang memahami bug jalan kesana kemari ..tak lanjut jalan2 dulu .. keep blogin..

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...