*Popular Topic*

Apakah Virus Ransomware WannaCry menginfeksi HP Android ?

» , » 5 Jenis Processor / Chipset smartphone Canggih saat ini

5 Jenis Processor / Chipset smartphone Canggih saat ini


Smartphone memerlukan sebuah pengolah data terpusat yang umum dinamakan sebagai CPU atau central processing Unit. Dimana di sebuah CPU itulah ada komponen penting yang disebut Processor sebagai pusat dan otaknya smartphone. Semakin canggih sebuah smartphone tentunya harus dibekali dengan chipset atau processor yang mumpuni juga.

Processor yang baik dan bagus amatlah penting dalam mengerjakan segala beban sistem dalam smartphone. Kecepatan pemrosesan, Pekerjaan multitasking, hardawre yang dingin dan tidak cepat panas tentu menjadi tolok ukur vendor menanam processor di gadget buatannya. Nah, tanpa panjang lebar lagi silahkan simak di bawah ini Processor paling banyak digunakan dan terkenal yang patut kita ketahui.


1. EXYNOS


Processor Exynos ini dibesut oleh vendor kenamaan yaitu Samsung Electronic. Dengan basis sistem On Chip ( SoC ) maka processoor jenis ini dikhususkan penggunaannya pada perangkat mobile samrtphone maupun tablet. Exynos banyak sekali variannya seperti Exynos hummingbird, Exynos 3110 dan lain sebagainya. Bahkan samsung galaxy S6 juga dibekali chipset jenis ini karena terkenal dingin.

2. TEGRA


Sudah pernah mendengar nama NVIDIA ?, Nah produsen GPU terkenal inilah yang telah menciptakan TEGRA. Dimana TEGRA adalah chipset pertama yang telah menggunakan teknologi Quad-Core. Processor Tegra yang terkenal adalah Tegra 3 dimana keunggulannya adalah hemat daya dan visualisasi yang bagus. 



3. OMAP 


Dengan keunggulannya memproses tampilan antarmuka situs-situs internet Maka processor OMAP besutan Texas Instrument ini terkenal dengan mobilitasnya di dunia Internet Mobile. Kelebihan lainnya yang dimiliki Processor OMAP adalah kemampuannya dalam mengolah dan memproses tampilan kamera primer maupun sekunder pada smartphone.

4. SNAPDRAGON


Processor paling banyak digunakan saat ini adalah jenis ini. Dimana Snapdragon dari hasil karya Qualcomm ini dikenal memiliki kinerja bagus dan tinggi dibanding dengan processor-processor lainnya.Namun akhir-akhir ini snapdragon mengalami degradasi di dunia chipset karena banyak vendor yang mengeluhkan adanya jenis snapdragon tipe 810 yang cepat panas dan akhirnya samsung yang sebelumnya banyak menggunakan snapdragon sebagai CPU smartphone-nya beralih ke Exynos.

5. MEDIATEK


Processor atau chipset Mediatek yang lebih dikenal dengan sebutan MTK ini sekarang mulai berkibar di kancah smartphone melebihi snapdragon. Mediatek terkenal murah tapi tidak murahan. Dimana dengan kinerja yang tinggi sekelas snapdragon dan harga lebih murah tentunya banyak vendor yang melirik menggunakan MTK sebagai Otak smartphone-nya.

Nah, sebenarnya masih banyak lagi jenis dan tipe chipset / processor yang melekat di beberapa smartphone saat ini. Namun diantara kelima Processor diatas-lah yang bisa dijadikan acuan bagus tidaknya sebuah smartphone yang canggih dan multitasking.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...