» » Apa Ponsel di Bagasi Jok sepeda motor Cepat Rusak ?

Apa Ponsel di Bagasi Jok sepeda motor Cepat Rusak ?

Sudah pernah menaruh Ponsel anda di dalam bagasi Jok sepeda motor ?, Ada beberapa pertanyaan yang dilontarkan Pengguna android tentang apa efek dari menaruh Ponsel di jok sepeda motor. ada yang bilang kalau ponsel di jok motor bisa terkena induksi mesin dan cepat rusak. Apakah menyebabkan kerusakan ataukah hanya mitos belaka. Untuk menjawabnya silahkan simak ulasannya di bawah ini.


Meletakkan ponsel di dalam jok sepeda motor akan menimbulkan dampak sebagi berikut :

1. Ingat, bahwa bila sepeda motor dalam keadaan aktif maka panas yang dihasilkan mesin akan menyebabkan panas pada ponsel juga. dan yang paling rentan terhadap panas adalah Layar ponsel, dimana layar ponsel terbuat dari Liquid yang mudah rusak apabila terkena paparan panas yang berlebihan. Untuk hardware lainnya masih aman dari panas karena spesifikasi hardware / komponen ponsel pintar sekarang ini sudah dibuat sedemikian rupa agar kuat terhadap panas.

2. Rawan getaran. Ketika sepeda motor bergerak sangat besar kemungkinan getaran dihasilkan mesin dan menyebabkan ponsel terbentur di bodi-bodi jok motor. Bila terus menerus bisa mengakibatkan komponen di dalam ponsel rusak atau terlepas dari pin-nya. Namun bila anda membungkus ponsel dengan bahan lembut agar tahan goncangan maka meletakkan ponsel di jok motor sah-sah saja.

3. Mitos tentang interverensi induksi mesin motor terhadap ponsel belum terbukti. Mengapa demikian ?, gelombang atau induksi yang dihailkan putaran mesin sepeda motor tidaklah sama ukuran-nya dengan kuat signal yang dihasilkan ponsel. Jadi tidak ada pengaruh apapun tentang gelombang induksi yang dihasilkan putaran mesin maupun kelistrikan sepeda motor terhadap ponsel anda. jangan disamakan menyalakan atau mengaktifkan ponsel di pesawat dengan sepeda motor, karena pesawat didalamnya ada gelombang-gelombang radio yang sangat besar kemungkinan terinterverensi gelombang ponsel.

4. Bahaya Meledak. Entah karena panas yang berlebihan atau terjadi konsleting komponen di ponsel karena benturan-benturan di bodi jok bisa saja menyebabkan ponsel gagal fungsi dan meledak seketika. Itu lebih berbahaya dan dapat membakar motor anda tanpa anda sadari secara dini. Karena Ponsel ada di dalam jok maka ledakan tidak akan terdengar dan tentunya anda tahu kalau jok sepeda motor berdampingan dengan bahan bakar bensin yang mudah terbakar, jadi berhati-hatilah dengan resiko ledakan ponsel.

Diantara ulasan tentang efek menaruh ponsel di dalam jok sepeda motor diatas semoga dapat menjadikan acuan sekaligus pembelajaran bagi pengguna ponsel agar lebih berhati-hati menaruh ponsel di tempat yang tidak berbahaya. Ingat, kerugian yang diakibatkan dari itu lebih besar daripada manfaatnya. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. ponsel paling enak ya truh di tas cangklong

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...