Trending Topic

Mengatasi HP restart sendiri ketika buka Facebook

» , » Apa itu USSD dan cara menyingkat Kode USSD

Apa itu USSD dan cara menyingkat Kode USSD


Mengenal apa itu USSD dan cara mempersingkat perinah USSD .Bagi pengguna Ponsel tentu anda pernah mengetik perintah dengan awalan bintang diakhiri tanda pagar untuk melihat sisa pulsa ataupun melihat menu yang ditawarkan oleh provider kartu selular anda. Nah tahukah anda apa nama dari perintah tersebut ?, itulah USSD. Lalu apa itu USSD, apa bedanya dengan Short message service ( SMS ) dan bagaimana mempersingkat kodde USSD ? yuk ikuti ulasannya di bawah ini.

ussd

Ussd adalah singkatan dari Unstructured Supplementary Service Data. dimana USSD merupakan suatu protokol khusus yang digunakan untuk komunikasi singkat dari ponsel ke penyedia layanan operator selular bersangkutan. layanan USSD sekarang ini hanya terdapaat pada operator selular GSM dimana umumnya digunakan pengguna untuk melakukakn request atau pull informasi tertentu pada pihak operator dengan format yang telah ditentukan.


Maih bingung apa itu USSD ?, begini, misal anda ingin melihat sisa pulsa anda di telkomsel maka anda tentu diharuskan mengetik '*888#' lalu menekan tombol call. Itulah kode USSD yang dimaksud. Dengan format tertentu yang telah ditentukan maka pihak operator selular akan memberikan umpan balik berupa pop-up berupa pesan yang tidak tersimpan ke dalam layar tampilan ponsel pengguna yang meminta request. Nah, sudah tahu kan USSD itu seperti apa. 



Lalu apakah bisa menyingkat kode USSD yang menggunakan perintah bertingkat ?, contohnya begini, anda ingin berlangganan data internet dengan tarif khusus tertentu maka ketika anda mengetikkan kode awal permintaan tentu akan diarahkan untuk memilih nomor tertentu sampai ending pilihan tertentu. Misalnya untuk berlangganan data diharuskan pertama mengetik '*123#' kemudian ada pilihan lain nomor 1 sampai 5 dan diharuskan memilih nomor 4 maka cara menyingkat kodenya adalah dengan mengetik '*123*4#' ( tanpa tanda petik). Begitupun juga seterusnya apabila masih ada perintah bertingkat untuk request.


Jadi bila ada suatu pesan dari provider yang masuk ke kotak inbox dan memberikan contoh cara berlangganan suatu produk tertentu dengan cara mengetik kode yang 'panjang', maka bisa dipastikan kode tersebut memang diarahkan pada suatu pilihan yang sudah ter-seting di kode USSD provider. Bagi yang sudah terbiasa dengan request via USSD dalam berlangganan data maka dengan mudah tanpa bertele-tele pengguna dapat mengetikkan perintah satu kali request. Contohnya : untuk berlangganan internet flash dari telkomsel dengan paket harian maka bisa diketik langsung '*363*1*1*1#' kemudian tekan call atau yes. Maka provider telkomsel akan merespon balik sesuai permintaan anda.

Intinya, Kode USSD di operator GSM pasti diawali dengan bintang dan diakhiri dengan tanda pagar. Sebelum tanda pagar maka angka-angka di awalannya dalah bentuk perintah tertentu yang bisa diinterpretasikan oleh provider. Kesalahan satu digit angka saja maka perintah tidak akan dikenali. Dengan sistem USSD pihak operator dan pengguna selular akan dengan mudah melakukan pull service tanpa harus mengetik perintah demi perintah dalam mode SMS yang berbiaya. 

Dengan menggunakan USSD pula interaksi antara pengguna dan provider jadi lebih mudah dan interaktif tanpa ada beban biaya yang ditanggung oleh user. Balas pesan di mode USSD akan lebih cepat diterima, bila ada kesalahan pengetikan atau trouble jaringan maka request tidak akan bisa diimplementasikan dan tidak akan disetujui.

Semoga sedikit ulasan tentang pengertian USSD diatas bermanfaat bagi pembaca Dunia android. Jangan lupa baca juga artikel dan ulasan menarik lainnya seputar teknologi android dan smartphone di bawah artikel ini. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...