» , , » Arti FTP Server di Ponsel Android

Arti FTP Server di Ponsel Android


Dalam sebuah sambungan jaringan antar perangkat Ponsel dengan Ponsel lainnya atau perangkat Komputer Ada sebuah Nama yang banyak pengguna android atau sistem lain belum mengetahui apa fungsi FTP. Bila anda lihat di pengaturan Sambungan Bluetooth ada menu bernama 'Server FTP' dimana menu tersebut bisa diaktifkan dan dinonaktifkan. Pertanyaannya, apa sih sebenarnya pengertian FTP server itu, Khususnya di ponsel android ?


FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol. Dalam bahasa yang mudah dimengerti, FTP merupakan sebuah protokol atau 'pangkalan'yang merupakan basis sebuah perintah yang berjalan dibalik sebuah aplikasi dimana tugas protokol tersebut untuk memberikan akses untuk saling berkomunikasi antar jaringan. Dimana akses tersebut bisa berupa akses baca, tulis dan delete serta akses control penuh terhadap jaringan yang lainnya.


FTP ada 2 tipe yaitu FTP Server dan FTP Client. Tentu saja artiannya jelas, bahwa FTP server bertugas memberikan hak akses maupun tidak terhadap sebuah FTP Client yang terhubung. Di menu yang disediakan android, contohnya dalam pengaturan Bluetooth hanya terdapat sebuah menu 'FTP Server' yang berarti bila opsi tersebut diaktifkan maka akan direspon oleh jaringan lainnya yang terhubung sebagai client-nya. Sehingga dalam opsi lanjutannya Bila di android menu FTP Server diaktifkan dan menu Akses-nya dibuat 'kontrol penuh' bisa memberikan akses bagi Client yang tersambung untuk mengontrol secara penuh ponsel android tersebut. 


Kontrol penuh dalam sebuah FTP bisa masuk dalam akses membaca file ( read ), Menulis file ( write ), menghapus file ( delete ) serta melakukan segala hal layaknya administrator ponsel yang membuka akses FTP Servernya.

Masihkah bingung dengan pengertian FTP server di android ?, intinya begini, Bila anda mengaktifkan opsi menu FTP Server maka nantinya perangkat lain yang tersambung ke ponsel android akan bisa melakukan proses download sampai upload data secara mudah. Jadi bila anda selalu gagal melakukan sambungan atau transfer antar file di jaringan bluetooth silahkan cek apakah FTP Server sudah aktif atau belum, Bila belum aktif silahkan diaktifkan untuk mempermudah melakukan transfer file antar perangkat, baik itu di ponsel maupun di Perangkat Komputer.

Semoga sedikit ulasan tentang pengertian FTP di android dapat memberikan jawaban dari rasa ingin tahu pembaca Dunia Android semua. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...