Home » , , , , » Cara Jadikan HP Android sebagai CCTV online

Cara Jadikan HP Android sebagai CCTV online


Berbagai fungsi android selalu menjadi perhatian para penggunanya. Banyak manfaat yang diperoleh dari aplikasi-aplikasi yang beredar secara gratis di playstore untuk menunjang aspek kehidupan penggunanya. Salah satunya adalah android bisa dimanfaatkan layaknya CCTV rumahan. Tidak kalah dengan kualitas cctv dari alat khusus dengan perangkat DVR, android tidak memerlukan alat tambahan selain hanya aplikasi, koneksi data Internet dan ponsel itu sendiri. Mau tahu bagaimana mem-fungsikan ponsel android sebagai CCTV di rumah ?, silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Kali ini masih seputar aplikasi yang bernama AirDroid, Dimana aplikasi sangat ringan dan powerfull untuk berbagai keperluan remote perangkat android. Memanfaatkan menu Camera yang ada di aplikasi AirDroid bisa menjadikan ponsel anda berfungsi layaknya CCTV dengan resolusi tinggi. Bagaimana cara kerjanya dan cara mengaktifkan fungsi CCTV di android ?, silahkan simak tutorialnya yuk.



1. Pertama, yang harus anda lakukan adalah meletakkan ponsel anda pada posisi dan sudut yang ingin anda sorot oleh kamera

2. Pastikan ponsel tidak bergerak dan dalam posisi tegak menghadap belakang kamera, karena kamera yang akan kita gunakan adalah kamera belakang ponsel.

3. Setelah berhasil meletakkan ponsel dalam kondisi yang anda inginkan, pastikan juga aplikasi Airdroid sudah berjalan di ponsel. Tenang saja, sekali anda menjalankan aplikasi airdroid dan sudah masuk ke akun, walaupun anda meletakkan posisi ke 'home' aplikasi akan tetap berjalan di background sistem ponsel.

4. Saatnya beralih ke PC atau Laptop anda sebagai alat 'DVR' layaknya alat CCTV sesungguhnya.

5. Buka di browser dengan mengetik alamat 'web.airdroid.com'

6. Setalah masuk silahkan sign in ke akun yang sama dengan yang ada di ponsel anda.

7. Setelah berhasil masuk, silahkan klik ikon 'camera' 


8. Tunggu sampai proses pengaktifan camera ponsel jarak jauh ter-loading sempurna

9. Bila koneksi internet anda lancar maka anda akan langsung dapat melihat secara realtime kondisi ruangan yang anda sorot tadi.


Dengan cara diatas maka ponsel anda akan bekerja layaknya CCTV sungguhan, yang perlu diingat, apabila anda ingin selalu melihat kondisi ruangan yang anda sorot maka jangan lupa menancapkan charger ponsel agar baterai tidak kehabisan daya. Pastikan juga sambungan data dan kuota data anda mencukupi untuk melakukan streaming jarak jauh. Selamat mencoba.

Share This Post

FacebookGoogle+Twitter

3 komentar:

  1. bisa buat ngerekam juga ga? n buat ngeliat hasil rekaman yang hari lalu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu bisa dong, kan hasil rekamannya ada di ruang penyimpanan, letaknya di galery bisa dilihat

      Delete
  2. bisa aktif otomatis walaupun hp restart..? tapi tdk perlu menampilkan kamera di layar..?

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...