*Popular Topic*

Cara Melihat Kode batang QR akun WhatsApp

» , , » Mengapa Sinyal Full tapi Internet Lemot ?

Mengapa Sinyal Full tapi Internet Lemot ?



Mengapa sinyal Full tapi Internet Lemot di HP android ?. Itu salah satu pertanyaan yang sering terlontarkan dari beberapa pengguna smartphone android. Sebenarnya Bukan hanya Android yang mengalami hal tersebut, namun beberapa sistem operasi lainnya juga mengalami hal yang sama seperti Blackberry, iPhone ( iOS ) dan windows phone. Apa sebenarnya yang terjadi dan mengapa internet Lemot walaupun tanda sinyal full dan quota data juga masih penuh ?, simak ulasannya di bawah ini.

sinyal hp full lemot

Sebuah sambungan data memerlukan beberapa sinergi dari berbagai macam komponen dan program yang berjalan. Tidak akan bisa tanda penuhnya sinyal menjadi patokan untuk lancarnya sambungan data internet. Sebuah sambungan data internet yang baik, selain mengharuskan koneksi sinyal yang bagus juga harus didukung hardware ponsel, aplikasi ponsel dan juga pihak penyedia jasa internet itu sendiri ( operator selular ).

Sebuah sambungan data selular akan berfungsi dengan baik dan sempurna bila semua alat pendukungnya bekerja selaras sebagaimana seharusnya. Layaknya sebuah mesin sepeda motor, walau bensin full dan body motor bagus namun karburator atau injeksinya kotor bermasalah pasti motor tak akan bisa lari kencang, begitu juga dengan Ponsel sebagai alat penerima data koneksi internet.

Lalu apa saja yang mempengaruhi lancar dan tidaknya koneksi data internet ?, salah satunya ada di bawah ini :

1. Signal ( sinyal ), syarat mutlak penerima data ( ponsel ) yang baik adalah sinyal dalam keadaan penuh. karena sinyal yang penuh memungkinkan transmit data dan nilai Ping yang kecil bisa berfungsi secara maksimal. 


2. Hardware ponsel, Dimana hardware atau perangkat keras ponsel menjadi hal yang juga berperan penting menjaga kualitas sambungan data tetap lancar. Dalam hal ini adalah fungsi dari perangkat / komponen dalam jeroan ponsel yang harus bekerja sempurna sebagai alat penerima dan receiver data. Semakin handal perangkat atau chip yang tertanam semakin baik pula kualitas dalam kinerja sambungan data.

3. OS atau sistem operasi, dimana OS juga berperan penting dalam hal lancarnya sambungan data. Adanya kode program sambungan internet yang kurang sempurna dalam suatu sistem operasi tentu akan menghambat lancarnya sambungan data. Perlu diketahui, Semakin tinggi versi OS android yang ada si ponsel maka tingkat kompresi data yang bagus, minim kegagalan sambungan dan kelebihan lain yang akan anda dapatkan.

4. Aplikasi, Terkadang pengguna android atau sistem lainnya 'mendakwa' koneksi internet lemot ( pihak operator ) sebagai biang keladi gagalnya sambungan data, namun pengguna belum membuka aplikasi lain untuk dijalankan dengan memanfaatkan sambungan data. contohnya, anda membuka aplikasi Facebook dan terasa begitu lemot dan lelet untuk membuka beranda, namun keetika anda beralih ke aplikasi twitter misalnya, koneksi terasa lancar, itu bukan karena salahnya sambungan data namun adda hal lain di aplikasi FB yang membuat koneksi terasa lemot. Bisa karena server Facebook bermasalah atau juga aplikasi anda yang bermasalah dan membutuhkan update aplikasi.

5. Operator selular, Pihak inilah yang selalu menjadi tersangka apabila pengguna merasa koneksi data internetnya terasa lemot dan loyo. Memang ada saatnya jam-jam sibuk salah satu operator selular kelebihan jumlah pengguna dalam satu area, maka bisa dipastikan orang yang ada di jangkauan area tersebut akan kesulitan mengakses ddata dengan cepat karena ada pembagian jatah bandwidth.

Dari beberapa ulasan dan sebab koneksi internet lambat diatas mungkin bisa memberikan sedikit pencerahan tentang bagaimana perilaku ponsel yang sobat miliki. Terkadang kasus dengan kartu yang sama namun di ponsel lain terasa begitu kencang atau sebaliknya. Semoga ulasan diatas bermanfaat.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...

loading...