» , , , » Penyebab android Panas Berlebihan dan Solusinya

Penyebab android Panas Berlebihan dan Solusinya



Penyebab HP android panas berlebihan. Kali ini Dunia android akan sedikit membahas tentang Panas yang dihasilkan oleh smartphone android. Seperti diketahui, bahwa banyak sekali pertanyaan seputar panas pada ponsel android, entah itu dalam artian hangat tapi dianggap panas atau panas betulan ( overheat ). Perangkat apapun yang bekerja menggunakan arus listrik pastilah menimbulkan panas karena adanya aliran listrik dan kerja dari beberapa komponen untuk mendukung kinerja suatu perangkat. Namun adakalanya pengguna awam yang tidak tahu menahu tentang kinerja suatu komponen ponsel wajr bila ada rasa khawatir terhadap kelangsungan 'hidup' gadget kesayangannya.

android panas berlebihan

Dalam buku panduan ponsel ketika pertama kali membeli, umumnya dinyatakan secara sekilas tentang panas yang dihasilkan Ponsel. Biasanya ada kalimat panas yang dihasilkan wajar karena adanya proses pengisian baterai. Namun dalam buku manual tidak dijabarkan seberapa panaskah normalnya ponsel ketika dicharge dan ketika tidak dalam kondisi charge. itulah yang membuat bebeapa pengguna merasa khawatir akan panas yang ditimbulkan dari perangkatnya. Bahkan tidak jarang ada beberapa pengguna yang baru saja membeli ponsel android dan ketika dilakukan charge timbul panas dan si pemilik langsung membawa kembali ke tempat penjual-nya untuk minta ganti ponsel baru. walau terlihat lucu namun itulah yang biasa terjadi bila pengguna awam tidak mengetahui seluk beluk ponsel 'pintar' android.

kembali ke topik semula, Panas yang dihasilkan ponsel android tidak akan bisa diukur dengan perkiraan, karena setiap ponsel tidak akan sama cangkang ( cassing ) penutup hardware antara satu ponsel dengan ponsel yang lain. jangan terkecoh dengan dinginnya ponsel karena bisa saja komponen didalamnya panas tapi karena cangkang ponsel terbuat dari bahan anti panas atau bisa meredam panas menyebabkan user jadi beranggapan ponselnya dingin-dingin saja. Di satu sisi ada ponsel murahan yang sebentar saja digunakan untuk aktifitas online maupun proses charge tapi seudah panasnya minta ampun karena cangkangnya terbuat dari plastik tipis untuk menekan harga.

Disini tentu masing - masing penggunalah yang akan bisa menebak seberapa panasnya ponsel di genggamannya. Ponsel dengan panas yang tidak wajar bisa dideteksi dengan membuka penutup ponsel bagian belakang, silahkan raba dan rasakan seberapa panasnya ponsel tersebut. Bila panas berlebihan dan dianggap tidak wajar menurut ukuran panas suatu perangkat maka lihat dahulu sebab-sebabnya di bawah ini.


1. Apakah ponsel anda sedang di-charge dan baterai dalam kondisi kosong ?, bila iya maka panas yang dihasilkan tentu akan lebih daripada panas ketika dilakukan charge tapi kondisi baterai masih diatas rata-rata. Karena komponen dan sel-sel baterai akan bekerja exstra untuk memaksimalkan pengisian.

2. Apakah anda melakukan proses charging dan sekaligus melakukan aktifitas pada telepon seperti bermain game, menonton video atau melakukan panggilan keluar ?, apabila iya maka bisa dipastikan panas akan berlebih daripada biasanya.

3. Bila dalam keadaan tidak dilakukan charging namun tetap panas, silahkan cek apakah sinyal anda minim ?, sinyal yang rendah atau minim akan meningkatkan kinerja komponen dengan arus yang lebih besar untuk menstabilkan jaringan. Bisa juga hal itu menjadikan panas pnsel anda berlebihan.

4. Apakah anda sedang berada pada kualitas jaringan HSDPA atau H+ ? apabila iya yakinlah bahwa kondisi kualitas signal H plus akan membuat ponsel cepat panas karena adanya kinerja komponen untuk sambungan data tingkat tinggi. bandingkan apabila anda sedang berada pada mode EDGE pastilah ponsel anda akan dingin-dingin saja.

5. Lihat pula apakah anda sudah benar dalam meletakkan ponsel pada tempat yang semestinya ?, meletakkan ponsel di area yang terpapar panas tentu akan meningkatkan panas berlebih selain dari panas yang dihasilkan ponsel itu sendiri.

Apabila dalam tidak dalam konsisi seperti diatas dan ponsel anda tetap panas, atau juga panas yang dihasilkan tidak sebagaimana mestinya, silahkan melakukan tindakan preventif atau pencegahan sebelum ponsel anda benar-benar terbakar atau rusak. Anda bisa melakukan langkah seperti di bawah ini bila khawatir akah panas berlebihan di ponsel kesayangan anda :

1. Lepas Baterai ponsel dan diamkan beberapa saat jangan dipasang terlebih dahulu.

2. Tunggu sampai ponsel dan baterai benar-benar dingin

3. Setelah itu pasang kembali namun jangan dinyalakan.

4. Genggam dan rasakan apakah ada panas yang dihasilkan padahal pnsel dalam keadaan mati.

5. Apabila ada panas pada ponsel yang dalam keadaan mati maka sudah pasti ada komponen didalam ponsel yang bermasalah, copot baterai dan bawa ke service center terdekat. 

6. Apabila ponsel tidak panas dalam keadaan mati, silahkan nyalakan ponsel dan matikan sambungan data internet.

7. Bila dalam keadaan sambungan data 'off' namun ponsel menghasilkan panas berlebih ( tidak normal ) bisa dipastikan juga ada komponen di dalam ponsel yang bermasalah.

8. Bila keadannya dingin tanpa adanya sambungan data, silahkan lanjutkan langkah berikutnya untuk mendeteksi kenormalan ponsel dengan menyalakan sambungan data dalam mode WCDMA atau 3G.

9. Bila dalam kondisi signal 3G atau H plus dan ponsel sudah mulai menghangat maka ponsel masih dalam keadaan normal. dan itulah kondisi nyata dimana ponsel anda bekerja dengan baik. Jangan terlalu khawatir dengan panas karena adanya signal sambungan diaktifkan dalam mode jaringan 3G karena komponen di salam ponsel sudah dibuat sedemikian rupa agar kuat menerima panas yang dihasilkan pada mode tersebut.

Dari beberapa ulasan diatas tentu bukanlah hal mudah untuk bisa meyakinkan beberapa pengguna tentang panas yang dihasilkan ponselnya. ada yang khawatir atau bahkan ada yang sudah terbiasa dengan hal tersebut. jadi bagaimanapun, penggunalah yang bisa menentukan apakah ponselnya dalam kondisi panas yang berbahaya ataukah tidak. Semoga bermanfaat.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...