Home » , , » Sebab Internet HP lemot Jaringan Selular

Sebab Internet HP lemot Jaringan Selular


Pernah mengalami sinyal HP atau smartphone full tapi internet Lambat ?, padahal sudah ada dalam jangkauan sinyal 3G dengan kualitas HSDPA tetap saja lambat namun di tempat yang berbeda internet terasa begitu cepat ?. Apa yang salah operator selular atau ponselnya kira-kira ya ?. Kali ini dunia android akan sedikit mengulas tentang lambatnya akses internet di suatu tempat namun di tempat berbeda akses internet terasa begitu cepat. Yuk disimak.


Dalam beberapa kasus dan memang sering terjadi, bahwa pengguna kartu operator selular untuk akses data internet dari suatu daerah terhadap daerah tertentu memang tidak bisa disamakan segi kecepatannya. Selain kualitas jaringan, kekuatan signal serta keadaan ponsel penerima sendiri juga bisa dijadikan sebab musababnya.Dalam kasus kali ini bisa saya umpamakan ponsel dalam keadaan prima dan operator jaringan juga tidak bermasalah, begitu juga signal internet sudah masuk dalam jaringan cepat yaitu 3G dengan kualitas HSDPA. Kasusnya, anda berada di suatu daerah tertentu misalnya desa A, di desa tersebut anda memperoleh kecepatan internet yang luar biasa mulus dan lancar. Namun ketika anda berada di desa B maka kecepatan begitu terasa berat dan lemot dalam akses data internet. Apa sebabnya ? Berikut ini jawabannya :


1. Kecepatan data Internet yang anda terima di tempat A tentu bisa tidak sama dengan di tempat B karena adanya kualitas jaringan di masing-masing tempat. Kemungkinan besar ada limit bandwidth yang diberlakukan tidak sama antara satu tempat dengan tempat lain dengan berbagai alasan teknis maupun ekonomis.

2. Adanya Penumpukan jumlah pengguna. Ingat, anda bukanlah orang yang hanya menggunakan salah satu kartu selular tertentu dalam akses data. Namun ada banyak pengguna yang secara waktu bersamaan mengakses internet dari provider yang sama. Misalnya, di Tempat A jaringan BTS operator selular diberi 'jatah' bandwidth 100Mbps maka bila ada 10 pengguna di daerah jangkauan BTS tersebut akan dihitung 100 dibagi 10 pengguna, dimana setiap pengguna akan mendapatkan jatah bandwidth 10Mbps. Begitu pula bila penggunanya semakin banyak maka setiap pengguna tentu akan mendapatkan jatah kecepatan yang semakin kecil, begitu juga sebaliknya.

Dalam kata lain, Penurunan kecepatan internet di suatu tempat dengan tempat lain tentu akan tergantung pada banyak tidaknya pengguna dengan tipe langganan data yang sama. Bila anda memaksa untuk mendapat kecepatan penuh maka sebaiknya gunakan waktu berselancar pada jam-jam dimana seseorang jarang melakukan aktifitas internet seperti waktu dini hari sampai waktu subuh. Bukan rahasia lagi, para penggemar download dan youtubers rata-rata menggunakan waktu-waktu istirahat tersebut untuk mendapatkan kecepatan yang maksimal karena sedikitnya pengguna dalam jam-jam tersebut.

Nah, Sudah tahu kan bagaimana pengaruh banyaknya pengguna selular terhadap kecepatan internet ?, Semoga ulasan diatas bermanfaat. Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di bawah postingan ini. Terima kasih.

Share This Post

FacebookGoogle+Twitter

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...