Home » , , , » Sebab Video Call terputus dan tersendat

Sebab Video Call terputus dan tersendat


Pernah melakukan panggilan atau menerima panggilan video dari apikasi chatting ? Tentunya sebagian pengguna android pernah merasakan sensasi panggilan via sambungan data internet dalam mode face to face dan realtime. Namun, pernahkan merasakan pengalaman sewaktu menerima panggilan video tetapi hasilnya tersendat-sendat seakan gambar tidak mau bergerak secara sempurna ? ditambah lagi suara yang keluar dari speaker phone juga tersendat-sendat atau tidak jelas didengar ?, kalau itu masalahnya silahkan simak di ulasan di bawah ini mengapa semua itu bisa terjadi.

video call streaming

Aplikasi chatting atau messenger sekarang ini sudah banyak mengadopsi fitur panggilan suara ( voice call ). Banyak sekali pembaharuan yang dilakukan masing-masing aplikasi agar hasil yang didapat dari hasil streaming live video call berhasil secara sempurna dan halus. Keberhasilan dari proses panggilan video bukan hanya dari segi image yang ditampilkan secara halus dan realtime, namun juga segi suara yang terkirim juga harus selaras dengan gerakan image yang ditampilkan tanpa gangguna sedikitpun.

Dari cara kerjanya, panggilan video sebenarnya sama persis dengan panggilan suara. Namun besar data yang harus diupload panggilan video ke server penyedia aplikasi sebelum ditransfer ke penerima labih besar dari panggilan suara. Maka dari itu tidak hanya kesalahan dari pemanggil yang bisa menyebabkan gagalnya proses panggilan video namun juga dari sisi penerima panggilan. Logika sederhananya seperti ini, Bila pemanggil mempunyai kualitas transfer data internet yang bagus bahkan cepat namun sisi penerima panggilan hanya mempunyai kualitas transfer data internet yang rendah layaknya 'keong' yang sedang berjalan, tentunya panggilan tidak akan bisa sesempurna yang diharapkan.


Jadi, kualitas dan keberhasilan panggilan video yang menentukan pertama kali adalah kualitas data internet di masing masing perangkat baik penerima maupun pemanggil. Bila sudah diyakinkan kedua perangkat mempunyai kualitas jaringan data internet yang bagus maka bisa dilihat dari sisi aplikasinya itu sendiri. Setiap aplikasi tidaklah sama memberikan kualitas yang bagus dalam proses kompresi data untuk video call. maka dari itu setiap aplikasi berlomba-lomba untuk menyempurnakan aplikasinya agar proses streaming video call bisa halus dan sempurna.

Sebab yang ketiga tentu ada pada kualitas server yang ditumpangi aplikasi tersebut. Ingat, Bila anda melakukan proses panggilan maka data anda akan dihantar ke pusat server dan selanjutnya diteruskan ke penerima panggilan. Bila server lambat respon atau memang server padat pengguna ( overload ) maka bisa dipastikan panggilan video akan tidak sempurna.

Dn hal yang keempat yang perlu diperhatikan dalam keberhasilan proses video call adalah dari sisi hardware ponsel itu sendiri. Aplikasi video call tentu membutuhkan RAM yang tidak kecil daripada panggilan suara karena harus memproses dan merender image ( video ) untuk ditampilkan di layar ponsel. Ponsel dengan RAM yang kecil biss menyebabkan proses panggilan video menjadi tersendat-sendat karena prosesor, GPU dan RAM harus bekerja ekstra untuk mengalokasikan prosesnya untuk kelancaran video call yang anda lakukan. Bhkan tidak jarang ada beberapa pengguna yang sedang asik-asiknya melakukan panggilan tiba-tiba ponselnya 'hang' atau terdiam tidak merespon sama sekali.

Nah, dari beberapa sebab gagalnya proses panggilan video ( video call ) diatas semoga bisa menjadikan acuan dan pembelajaran tersendiri dalam memahami proses video call. semoga bermanfaat.

Share This Post

FacebookGoogle+Twitter

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...