» , » Apa Akibat isian APN salah di Android ?

Apa Akibat isian APN salah di Android ?


Bagi pengguna smartphone android memang dipermudah dengan segala sesuatu yang serba otomatis alias mudah dalam settingan gadgetnya. Salah satunya adalah tentang settingan access point names ( APN ) jaringan internet di smartphone android. Umumnya ketika pengguna android baru memasukkan kartu salah satu operator selular biasanya langsung bisa dipakai untukaktifitas internet asal sudah ada kuota data yang dibeli ( dipaketkan ).

Dalam pembahasan singkat kali ini admin ingin mengulas tentang apakah akibat dari kesalahan setting pengaturan APN di android. Untuk pengguna gadget android yang sudah terbiasa melakukan perubahan settingan APN di android tentu bukanlah hal yang perlu dikawatirkan. tapi lain lagi bila ada pengguna android yang hanya ingin mencoba-coba untuk mengutak atik isian kolom-kolom di dalam settingan APN tentu lain lagi kejadiannya.

apn android

Kalau boleh admin jabarkan, sebenarnya setiap pengguna android ketika ingin tersambung ke dunia maya via sambungan internet di ponselnya tidak usah melakukan atau merubah settingan jaringan APN yang sudah ada. Pihak operator selular di Indonesia sendiri rata-rata sudah mempunyai settingan deteksi otomatis terhadap pilihan APN yang digunakan oleh konsumennya ketika tersambung ke internet.


Operator atau penyedia jaringan internet, dalam hal ini adalah operator selular secara otomatis mendeteksi APN yang anda gunakan senyampang APN tersebut masih dalam kondisi default ketika anda memasukkan kartu selular pada awalnya. Deteksi otomatis akan memudahkan pengguna tanpa harus dipusingkan dengan kolom isian yang banyak orang tidak tahu apa itu maksud dan tujuannya.

Namun ada beberapa syarat agar APN bisa berfungsi walaupun isian data di pengaturannya tidak seakurat yang disarankan. apa saja syaratnya :

1. isian username APN

2. Isian Password APN

Lalu bagaimana dengan isian port, proxy, server dan lain sebagainya ? apakah bisa diabaikan ?. Tentu saja bisa. Admin sudah berulangkali mencoba dengan beberapa kartu selular untuk melakukan perubahan APN dan ternyata semua masih berfungsi secara normal digunakan terhubung ke internet.

Penggantian APN untuk pengguna regular pada umumnya memang dipermudah sekarang ini oleh pihak operator tanpa ada syarat penggantian nila-nilai default access point. Untuk paketan khusus memang diperlukan settingan APN yang harus fix dan tidak boleh salah sama sekali dalam isian datanya. 

Intinya, tidak semua pengguna android harus mengubah isian APN di ponselnya dari nilai defaultnya. Namun tidak juga ada kemungkinan lain ada pemberitahuan khusus dari pihak operator agar nilai APN diganti untuk lebih memaksimalkan kinerja jaringan yang didapat. Karena setiap pengguna yang terhubung ke Internet melalui slot-slot khusus pihak operator selular sesuai jenis dan paket kuota yang diaktifasi.

2 komentar:

  1. untuk apn memang sudah di permudah. sehingga tidak perlu lagi ribet atur apn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju deh sama mas sarofudin..APN sudah otomatis detect sekarang

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...