» , , , » Cara atasi shortcut aplikasi berubah di android

Cara atasi shortcut aplikasi berubah di android


Pernahkah anda sebagai pengguna smartphone android mengalami perubahan ikon ( shortcut ) aplikasi menjadi sebuah icon robot hijau android ?. Pastinya sebagian pengguna android banyak yang mengalami masalah berubahnya icon aplikasi di layar desktop ponselnya. Berubahnya ikon di layar utama android menjadi sebuah ikon robot hijau menjadikan para pengguna was-was atau khawatir dengan aplikasi maupun kesehatan sistem di ponselnya. Apakah hal itu wajar atau ada yang salah ? simak yuk ulasan singkatnya di bawah ini.

Berubahnya icon ( ikon ) sebuah aplikasi yang anda miliki di layar utama android sebenarnya bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Umumnya hal tersebut dikarenakan adanya kegagalan sistem untuk 'meletakkan' sebuah shortcut atau pintasan dengan gambar sesuai kode program yang dijalankan pada aplikasi tersebut. Sebenarnya hal sekecil apapun yang berubah tanpa campur tangan pengguna merupakan suatu 'bug' atau kegagalan sistem yang harus dilaporkan ke pihak pengembang android agar dilakukan penyempurnaan program.

Namun masalah berubahnya ikon tersebut senyampang aplikasi masih bisa berjalan dengan sempurna ketika dieksekusi maka hal tersebut ada dua kemungkinan, yang pertama tentu dari aplikasi itu sendiri dan yang kedua adalah kegagalan sistem mendeteksi penempatan shortcut atau pintasan dengan semestinya.


Lalu bagaimana cara mengatasi ikon atau shortcut aplikasi yang berubah menjadi ikon robot hijau tersebut ?, simak caranya di bawah ini.
  • 1. Di layar utama ponsel android, silahkan buang ikon atau shortcut aplikasi yang berubah tersebut. 

  • 2. Bagi yang belum bisa membuang ikon atau shortcut di layar utama android, begini caranya : Tekan beberapa saat ikon tersebut dan seret ke gambar tong sampah yang ada di atas atau di bawah tampilan layar anda.
  • 3. Setelah ikon tersebut terbuang dari layar utama, silahkan menuju ke menu android anda.
  • 4. Di dalam menu, silahkan cari aplikasi yang ikonnya berubah tadi.

  • 5. Setelah ketemu, silahkan buat shortcut di layar utama, caranya tekan beberapa saat dan lepaskan di tampilan layar utama.
  • 6. Selesai.
Mudah dan simple kan caranya ?, syarat diatas tentu apabila aplikasi masih ada di dalam menu android anda. Lalu bagaimana bila aplikasi dalam menu juga berubah tampilan ikonnya ?, lakukan unistall aplikasi dan install kembali. 

Semoga tips mengatasi shortcut aplikasi yang berubah diatas bermanfaat. Baca pula artikel menarik lainnya seputar android di bawah artikel ini. Terima kasih.

4 komentar:

  1. mantap nih mbak infonya buat yang belum tau, kalo saya sih kebetulan sudah tau, semoga yang lain jadi tau setelah membaca ini yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas hendri..semoga bermanfaat artikel diatas...hehe

      Delete
  2. Mas klo misal tampilan pada apk di oppo berantakan terus di benerin balik lg kayak dulu (berantakan) gimana solusinya?? Nuhun ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya berantakan gmana mbak ? apakah shortcutnya yang berantakan atau gimana ?, kalau ingin menata letak shortcut tinggal di tekan dan geser mestinya bisa. ada beberapa launcher yang tidak ada opsi untuk menata letak shortcut di menu.

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...