» , » Cara Mudah kenali Ciri Penipuan SMS Berhadiah

Cara Mudah kenali Ciri Penipuan SMS Berhadiah



Cara Mudah Mengenali ciri-ciri Penipuan SMS ?, Kali ini Dunia Android akan memberikan tips bagaimana mengenali ciri-ciri penipuan yang marak terjadi melalui pesan singkat SMS. Dimana banyak orang yang masih awam tertipu dengan iming-iming hadiah yang ditawarkan dengan dalih memenangkan undian suatu produk tertentu.

Meskipun sekarang sangat banyak modus penipuan dengan berbagai strategi 'kata-kata' via SMS, namun intinya sama saja yaitu melakukan kebohongan demi meraup untung dari ketidaktahuan si penerima SMS. Meskipun Edukasi via media selalu gencar dilakukan baik oleh pihak kepolisian maupun masyarakat nemun banyak pula yang belum tersentuh informasi tentang bagaimana ciri-ciri pelaku penipuan via SMS tersebut.

Kali ini yang ingin dunia android ungkap adalah cara mengenali ciri-ciri penipuan via SMS yang berkedok hadiah undian dari suatu produk tertentu. 


1. Bila anda menerima SMS dari nomor ponsel yang tidak anda kenali dan umumnya nomor tersebut acak alias bukan nomor yang 'cantik' dipastikan langkah awal dari penipu tersebut sudah ketahuan bila SMS pasti berisi penipuan.

2. Baca isi SMS dengan seksama, Bila anda diberitahu via SMS bahwa anda memperoleh hadiah dari sesuatu produk yang anda tidak ikut serta didalamnya maka besar kemungkinan itu adalah penipuan.

3. Lihat link situs yang pengirim berikan, Biasanya pengirim SMS penipuan memberikan link ke suatu situs gratisan seperti blogspot, jimdo dan lain sebagainya. Jarang sekali dan hampir tidak mungkin penipu menggunakan domain situs beerbayar untuk melakukan aksinya. Lihat contoh gambar di baawah ini salah satu link yang diberikan penipu via sms di ponsel admin Dunia android.


4. Penipuan lewat sms sekarang ini jarang memberikan nomor telepon yang disertakan atau yang bisa dihubungi secara langsung karena hal tersebut sudah kurang efektif bagi sang penipu. Jamannya internet maka penipu juga harus menggunakan jasa internet.

5. Bila anda membuka situs gratisan di link yang diberikan oleh sang penipu maka anda bisa melihat bagaimana cara meramu dan merangkai kata-kata di situs tersebut, Penipu yang 'kacangan' alias amatir akan banyak membuat kesalahan dalam menuliskan rangkaian kata-kata tidak sesuai dengan EYD.


6. Di situs penipu, jangan terkecoh dengan foto yang disematkan, karena semua foto yang ada di situs penipu tersebut 100 persen adalah hasil dari browsing via google.

7. Yang terakhir, yakinlah bahwa SMS masuk dengan membawa iming-iming hadiah tersebut adalah penipuan... karena semakin anda bertanya-tanya maka anda sudah tergiring ke dalam keraguan yang bisa membahayakan 'isi dompet' anda...hehe. 

Jadi, berhati-hati dan cerdas dalam menyikapi SMS masuk yang memberikan iming-iming hadiah adalah sikap paling tepat. Semoga tips mengenali ciri-ciri penipuan SMS berkedok hadiah undian diatas bermanfaat dan bisa diambil pelajaran buat para pembaca semua.
loading...

1 komentar:

  1. Iya bener gan kita harus berhati hati terhadap sms penipuan

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...