Home » , » Ciri dan efek Memori Ponsel rusak

Ciri dan efek Memori Ponsel rusak


Pernahkah anda mengalami memori ponsel anda rusak atau sulit untuk diakses ?, bila iya tentu cara terbaik adalah sesegera mungkin menggantinya dengan memori yang baru. Disini Dunia android akan membahas tentang pengaruh atau efek memori rusak terhadap ponsel android. Namun disini sebenarnya inti pembahasan bukanlah memori semisal microSD atau MMC tipe lainnya yang rusak melainkan memori 'diambang' kerusakan namun masih bisa diakses. 
Memori ponsel sekarang ini memang rata-rata didominasi oleh jenis atau tipe MMC microSD dengan berbagai macam tipe kecepatan dan kualitasnya. Namun saya disini tidak akan membahas tentang kualitas atau kecepatan transfer memori ponsel namun hanya fokus dalam membahas efek yang ditimbulkan dari memori ponsel yang sudah diambang kerusakan.

microSD memori ponsel

Ponsel dengan memori yang masih menancap pada slot-nya dan masih bisa digunakan walaupun terkadang 'ngadat' ditengah jalan memang termasuk salah satu ciri memori hampir rusak. Lalu apa efek dari tetap menggunakan memori tersebut terhadap kinerja ponsel secara keseluruhan ?, simak ulasannya di bawah ini.

1. Memori ponsel yang hampir rusak akan menghambat kinerja ponsel. Mengapa ? karena sistem operasi di dalam ponsel akan terus menerus memerintahkan hardware ponsel untuk mempersiapkan kinerja dan mengakses data yang diperlukan dalam memori tersebut. Apabila memori bermasalah, maka tugas processor, RAM dan hardware lainnya juga akan terganggu kinerjanya sehingga ponsel akan bermasalah walau masih bisa digunakan.


2. Memori yang bermasalah akan memperlambat kinerja ponsel. Sama seperti halnya nomor 1 diatas, bahwa memori yang tidak sehat akan menghambat proses yang ada di dalam ponsel anda.

3. akan menghambat Proses loading data yang diakses via memori yang bermasalah, contohnya anda ingin mengupload gambar di media social maka akan terjadi delay atau jeda yang panjang dari kondisi normalnya.

4. membuat boros daya baterai ponsel, mengapa demikian ?, karena hardware di dalam ponsel anda akan selalu bekerja ekstra untuk mengakses data di dalam memori. Bila memori bermasalah maka kinerja akan meningkat dan baterai akan cepat kehabisan daya.

5. Resiko kehilangan data penting anda bila suatu saat memori rusak total tanpa anda sadari sebelumnya.

Jadi dengan mengetahui sebab dan ciri khas memori akan rusak atau masih sehat tentu akan lebih membuat kinerja ponsel anda lebih baik serta file yang ada di dalam memori bisa diselamatkan sebelum akhirnya rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi.

Semoga ulasan tentang ciri-ciri dan efek memori Ponsel bermasalah diatas bermanfaat bagi sobat semua. Baca juga artikel menarik lainnya seputar tips dan info android terkini di bawah postingan ini. terima kasih.

Share This Post

FacebookGoogle+Twitter

1 komentar:

  1. memang benar gan ane juga pernah mengalmi memori ane rusak datanya malah ilang, lebih baik data di kopi dulu kelaptop buat jaga2

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...