*Popular Topic*

Cara Melihat Kode batang QR akun WhatsApp

» , , » Logika Mengapa Android Rakus Kuota Data Internet

Logika Mengapa Android Rakus Kuota Data Internet



Banyak pengguna yang sudah mengetahui bahwa Sistem android memang rakus Data internet. Banyak pengguna smartphone android mengeluh karena kuota data internet cepat habis walau tidak sering dipakai untuk membuka aplikasi. Berbagai pertanyaan tentang borosnya kuota data internet android banyak disinggung di forum-forum dukungan android maupun di situs-situs yang membahas tentangnya.

Mengapa android rakus atau boros akan asupan kuota data internet ?, sebenarnya anggapan itu tidak semuanya benar. mengapa ?, karena sistem android akan berjalan walau tanpa kuota data sekalipun, hanya saja sistem perlu data internet untuk melakukan sinkron data ke server android maupun ke server penyedia aplikasi yang terinstall di gadget.

android kuota data

Boros data internet disini tidak akan sama antara satu pengguna dengan pengguna yang lain, suatu contoh, ada 2 pengguna android yang satu menggunakan 10 aplikasi yang memerlukan data internet seperti aplikasi FB, Line, Whatsapp, BBM, Gmail maupun aplikasi lainnya. dan disisi lainnya ada satu pengguna yang menanam 10 aplikasi juga namun bukan termasuk aplikasi yang butuh data internet seperti game offline, notepad, aplikasi mewarna, aplikasi reader dan lain sebagainya. Tentu saja pengguna dengan 10 aplikasi yang pertamalah yang akan membutuhkan data internet besar daripada pengguna yang kedua pada contoh diatas.



Penggunaan data internet di android memang bisa disetel sedemikian rupa mulai dari pembatasan kuota ( range limit ), pembatasan sinkronisasi data, pembatasan update berkala dan lain sebagainya. Apabila semua opsi otomatis update atau pembaruan ortomatis dijalankan bisa dipastikan bahwa kuota data internet akan semakin besar daripada yang mematikan fungsi pengaturan auto sinkron.

Borosnya kuota di android juga dipicu dari pengalaman masing-masing pengguna itu sendiri seperti halnya tidak mematikan sambungan data dan dibiarkan menyala terus menerus walaupun larut malam anda dalam kondisi tertidur. Bukan salah ponselnya sebenarnya yang membuat boros kuota data, namun banyak dari pengguna yang memang selalu ingin menyalakan data internet karena beberapa alasan seperti tidak ingin ketinggalan update teman, tidak ingin melewatkan apabila di inbox teman dan beberapa pemberitahuan lain dari aplikasi social media.

Ingat, Semua data yang masuk untuk kepentingan social atau pekerjaan anda yang membutuhkan data internet tentu saja akan menyedot kuota data tergantung dari seberapa besar dan sering permintaan data via internet dilakukan. Kuota data yang sering menjadi momok utama borosnya data internet seperti :

1. Youtube. Youtube merupakan penyedot kuota terbanyak karena ketika anda melihat suatu video online tentu membutuhkan data yang besar. Semakin bagus image video yang ditampilkan seperti kualitas HD ( High Definition ) maka semakin besar pula kuota akan terkuras.

2. Panggilan Online. Panggilann online disini seperti contoh melakukan panggilan Line, panggilan whatsapp, panggilan BBM, Kakao Talk, Skype dan lain sebagainya. Semakin bagus kualitas suara semakin kecil pula kompresi suara yang berakibat besarnya kuota data yang dibutuhkan.

3. Sinkronisasi Data aplikasi. Seperti halnya di Facebook, BBM, gmail, kontak dan lain sebagainya akan tidak sedikit data yang diunduh. Semakin banyak anda mempunyai aplikasi yang membutuhkan data online maka semakin besar kuota data yang akan anda butuhkan.

4. Game online. Nah ini dia, game online juga menjadi pemicu kedua setelah youtube. Walau sekarang banyak vendor yang menawarkan fitur kompresi data di produk game ketika unduh data namun tetap saja sinkronisasi tidak akan berhenti seketika tatkala anda memainkan sebuah game online. Server game akan selalu memantau aktifitas anda agar berjalannya game sempurna. Semakin besar resource game yang ingin dimainkan maka bisa semakin besar pula kuota data yang anda harus tanggung.

5. Malware atau virus. Untuk yang satu ini memang banyak pengguna android yang tidak menyadari, karena sudah umum diketahui bahwa virus akan berjalan di background proses sistem tanpa pengguna sadari. Disinilah yang bisa membuat pengguna terkecoh dengan asupan data yang banyak terpakai. terkadang user mengira ada aplikasi social media yang sedang sinkronisasi data ternyata mallware yang menyerang sistem android sedang melakukan aktivitasnya tanpa diketahui user itu sendiri.

Dari pemaparan diatas bisa disimpulkan bahwa android bisa membuat boros data internet tergantung dari sisi penggunanya itu sendiri. anda tidak ingin boros kuota data maka jangan banyak menginstall aplikasi yang butuh sumber data online. Apabila tidak memungkinkan untuk membatasi kuota data dan berjalannya aplikasi online maka mengatur hidup dan matinya sambungan data ketika tidak diperlukan akan menjadikan kuota anda semakin irit dan tidak terbuang secara percuma.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...

loading...