» , , , » mengatasi ganti APN namun tetap gagal Internet

mengatasi ganti APN namun tetap gagal Internet


Gangguan atau trouble pada koneksi internet bisa terjadi pada perangkat manapun di ponsel anda. salah satunya gagalnya sambungan walau APN sudah diganti dengan apa yang ddisarankan oleh pihak provider kartu selular. Contohnya apabila anda menggunakan kartu selular 3 dengan paket data AON ( alwaysON ), pada settinga default ponsel APN atau access point names tersetting dengan '3gprs', oleh operator selular disuruh mengganti dengan yang disarankan yaitu APN '3data'. Namun bukannnya menyambung tapi tetap saja terjadi gagalnya sambungan data internet.


Baca juga : Fungsi APN internet



Dari salah satu contoh penggunaan APN yang berganti namun masih gagal diatas tentu bukan hanya operator kartu 3 saja, kartu-kartu selular lainnya sepeprti Telkomsel, XL, iM3, mentari dan lainnya pasti mempunyai saran khusus untuk mengisi APN sesuai paket data yang dimiliki. Kegagalan sambungan data dari pengalaman saya ( admin ) bahwa kegagalan sambungan data bukanlah melulu karena salahnya APN yang anda masukkan. walaupun sudah mengikuti prosedur dari operator selular dan anda yakin sudah benar dengan isian datanya, belum tentu koneksi akan lancar begitu saja sesuai dengan yang anda inginkan.

Lalu apa sebennarnya yang terjadi ?, apakah kartu selularnya atau ponselnya yang bermasalah ?, ikuti ulasannya di bawah ini :


1. Bila Anda yakin APN yang anda masukkan sudah benar dan bila koneksi data tidak berhasil dilakukan silahkan restart ponsel anda. Bila masih gagal menyambung maka kesalahan umumnya pada pihak operator selular, entah jaringan saat itu sedang overload pengguna ataupun masih ada perbaikan jaringan.

2. Apabila APN sudah benar masih belum nyambung juga, silahkan kembalikan ke settingan APN default-nya. matikan sambungan data untuk beberapa detik dan sambungkan kembali.

3. Namun bila kedua opsi diatas ternyata masih juga tidak berhasil, coba pinjam kartu selular dari teman anda yang sama persis jenis operatornya dan sambungkan. Bila ternyata bisa menyambung maka simcard atau kartu andalah yang bermasalah. Ingat, kartu anda berisi chip kecil yang juga mengandung komponek elektronika yang suatu saat juga bisa rusak.

Sebenarnya settingan APN pada ponsel ketika anda baru saja mengganti kartu di ponsel umumnya sudah secara otomatis terdeteksi dan tersetting. Namun adakalanya user harus men-setting manual data-data untuk otentifikasi sambungan data agar selaras dengan APN yang disarankan oleh pihak operator selular.

SSemoga ulasan tentang gagalnya sambungan internet walau sudah ganti APN diatas bermanfaat. Baca dan simak pula artikel menarik lainnya seputar tips dan tutorial di bawah artikel ini. Silahkan masukkan komentar apabila anda mengalami masalah tentang koneksi data internet di android, semoga saya bisa membantu anda. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...