» , , » Mengatasi HP Android sering macet

Mengatasi HP Android sering macet


Ponsel atau HP android sering macet ? atau ponsel menjadi lambat merespon perintah ?. Mungkin sebagian pengguna ponsel pintar android pernah mengalaminya. Apa dan bagaimana sebenarnya kinerja android sehingga tidak bekerja seperti halnya yang diharapkan ?. Dunia android akan mengulanya untuk pembaca semua.

Smartphone android yang bekerja tidak sebagaimana yang diharapkan tentunya membuat pusing dan jengkel. Apalagi ada pekerjaan yang harus dilakukan dengan ponsel pintar ini dan anda harus menunggu berlama-lama untuk satu proses aplikasi yang kinerjanya melambat. Suatu contoh, anda terbiasa mengetik tugas di aplikasi Notepad android, sebelumnya lancar-lancar saja, namun lama kelamaan proses aplikasi notepad anda bekerja tidak secepat hari-hari sebelumnya dan setiap hari cenderung melambat dan kurang responsif.

hp macet

Dari sekian banyak aplikasi yang ingin anda buka dan manfaatkan di android tentunya semua berharap akan fungsinya yang maksimal. Apalagi jaman sekarang ini ponsel android rata-rata sudah dibekali dengan prosessor dan RAM yang besar sehingga kinerja seharusnya semakin meningkat dan cepat.

Bila anda mengalami masalah semakin melambatnya proses setiap aplikasi maka apa yang anda harus lakukan agar fresh kembali seperti ketika anda beru saja membeli ponsel baru ?, silahkan simak tipsnya dari problem melambatnya proses android serta solusinya di bawah ini.

1. Bila keseluruhan aplikasi kesayangan anda mulai melambat. silahkan coba membersihkan seluruh cache di setiap aplikasi anda satu persatu. Apabila tidak memungkinkan untuk melakukan satu persatu silahkan gunakan tool pembersih cache dengan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti yang pernah saya bahas sebelumnya.



2. Setelah membersihkan cache diaplikasi namun tetap saja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja ponsel keseluruhan maka lakukan langkah pengecekan aplikasi yang berjalan. Disinilah terkadang pengguna banyak yang tidak menyadari ponselnya melambat padahal dia merasa hanya menjalankan satu aplikasi disaat itu juga. Tidak demikian sebenarnya, Ketika ponsel dijejali dengan berbagai aplikasi, anda tidak akan mengetahui proses apa saja yang berjalan otomatis tanpa persetujuan anda sebelumnya. banyak aplikasi yang menjalankan prosesnya untuk menunjang kinerja suatu aplikasi dibalik background atau dibalik layer proses. Dimana anda bisa mengetahui proses apa saja yang berjalan di aplikasi melalui task manager. Lakukan langkah mematikan aplikasi yang tidak anda butuhkan dan kinerja ponsel anda akan segera meningkat.

3. Bila pada opsi ketiga belum membuahkan hasil padahal sudah banyak proses yang anda matikan maka langkah selanjutnya adalah melihat space memori anda. Memori disini saya artikan memori ponsel dan memori RAM. Untuk memori ponsel sebagai media penyimpanan silahkan cek dahulu apakah sudah mendekati space full atau tidak. RAM juga anda cek apakah RAM sudah mendekati limit kapasitas yang ada atau masih longgar untuk menjalankan berbagai proses aplikasi. Umumnya RAM yang tinggal sedikt akan memperlambat kinerja ponsel secara keseluruhan.
4. Bila semua opsi diatas tidak dapat mengatasi permasalahan melambatnya ponsel android anda, silahkan kembalikan ke pengaturan Pabrik alias reset. 

Dengan beberapa opsi diataas tentunya ponsel android diharapkan berkinerja seperti yang diharapkan sesuai kualitas dan spesifikasi yang ada. Semoga tips meningkatkan kinerja ponsel yang mulai lemot diatas bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...