Home » , , , , » Mengetahui Info lokasi Letak Foto di Android

Mengetahui Info lokasi Letak Foto di Android


Tahukah anda bahwa di sebuah file foto hasil jepretan kamera Android mengandung berbagai informasi ?. Info detail dari properties sebuah file foto sebelum dilakukan editing alias file asli bisa diketahui bukan hanya ukuran dimensi panjang lebarnya, kecerahan, jarak fokus, orientasi dan sebagainya Namun didalamnya juga bisa diketahui koordinat letak ketika objek tersebut anda abadikan.



Dari sebuah file image yang tercipta di ponsel android anda dapat melihat atau melacak posisi dimana anda mengabadikan moment tersebut. Bukan hanya letak jalan namun koordinat lengkap di peta akan bisa ditampilkan sesuai persis dengan info yang ada dalam properties file gambar tersebut.
Di bawah ini adalah contoh gambar yang akan akan diketahui detail info lokasi ketika gambar tersebut saya ambil dengan kamera android. 


Dari gambar yang saya hasilkan tersebut, apabila ingin diketahui detail lokasi dan waktu pengambilannya di daerah mana maka sangat mudah sekali dilakukan karena sebelumnya saya sudah melakukan setting lokasi dalam keadaan aktif melalui menu pengaturan kamera android.


Detail lokasi yang tersemat dalam sebuah file foto sebenarnya bisa diaktifkan maupun di-nonaktifkan secara manual melalui pengaturan yang ada pada menu kamera. Letak lokasi pada file gambar akan terhapus dengan sendirinya apabila file tersebut sudah tersentuh proses editing, entah hanya proses croping ( pemotongan ) ataupun proses lainnya. Jadi apabila anda ingin detail keseluruhan dari file foto yang anda abadikan dari ponsel android maka jangan melakukan proses editing terhadap file tersebut.

Ada suatu keuntungan anda memanfaatkan info lokasi pada file foto yang anda abadikan, salah satu contonya adalah ketika anda melakukan share ke teman anda, baik di media sosial maupun media lainnya maka teman anda akan bisa melihat atau memastikan bahwa file tersebut memang milik anda sekaligus mengetahui letak lokasi file foto diabadikan oleh kamera.


Bagi anda yang ingin mengaktifkan fitur letak lokasi pada kamera maupun menonaktifkannya silahkan ikuti caranya di bawah ini :

1. Buka aplikasi kamera bawaan ponsel android anda.

2. Setelah terbuka, silahkan klik menu pengaturan kamera, biasanya pengaturan kamera ada pada tanda ikon roda gigi.

3. Setelah terbuka, silahkan cari menu atau opsi ' Info Lokasi GPS ' 


4. Silahkan aktifkan menu lokasi dengan menggeser slider.

Untuk mematikan fitur pelacakan sebuah file foto maka lakukan langkah nonaktif pada info lokasi GPS pada pengaturan kamera. Dengan cara yang sudah saya sebutkan diatas tentu setiap pengguna android mempunyai keinginan yang berbeda terhadap detail hasil jepretannya. ada yang ingin membagi lokasi kepada teman ataupun ingin menyembunyikan detail lokasinya. 

Semoga tips sederhana diatas bisa bermanfaat untuk pembaca setia Dunia android. Baca juga tips menarik lainnya di bawah artikel ini. Terima kasih

Share This Post

FacebookGoogle+Twitter

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...