Home » , » Cara Agar Android Support OTG

Cara Agar Android Support OTG


Ada banyak pertanyaann yang dikirimkan ke admin Dunia android tentang bagaimana cara agar HP android support kabel OTG. Dimana para pengguna ponsel yang sebelumnya tidak bisa mendeteksi perangkat berinterface USB seperti flashdisk, Mouse, gamepad dan lain sebagainya agar bisa terdeteksi dan digunakan layaknya seperti HP atau smartphone lain yang support terhadap fungsi OTG ( on The Go ). Disini saya akan menjawab pertanyaan diatas dengan gaya admin dunia android tentunya. Yuk disimak ulasannya di bawah ini.



Ponsel atau gadget android yang telah support kabel OTG telah saya bahas pada artikel terdahulu. silahkan simak artikel saya yang berjudul Tipe HP android yang support kabel OTG. Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, bahwa perangkat android yang telah mendukung fungsi OTG salah satu syaratnya adalah bisa dilihat dari versi Kernel yang tertanam diperangkat tersebut serta Versi OS yang disematkan di dalam smartphone tersebut.


agar android support otg

Yang menjadi pertanyaannya adalah, apa mungkin perangkat android yang tidak mendukung fungsi OTG bisa dipaksa untuk mensupport OTG ?, untuk menjawab pertanyaan tersebut simak jawabannya di bawah ini.



1. Seperti yang telah saya kemukakan diatas, bahwa ponsel yang telah mendukung fitur OTG haruslah tertanam versi kernel yang sesuai dengan persyaratan dukungan On The Go.

2. Apakah bisa memodifikasi Kernel ? tentu bisa, namun syaratnya ponsel anda harus dalam keadaan root dan harus dimodifikasi sedemikian rupa file pendukung OTG di root sistem.

3. Apakah pasti berhasil ?, belum tentu, dari beberapa pengalaman pengguna dan forum-forum di dunia maya ternyata tingkat kegagalan untuk menjadikan HP atau gadget support OTG banyak sekali daripada tingkat keberhasilannya. Namun jangan berkecil hati, ternyata ponsel yang kemungkinan besar mensupport fungsi OTG adalah dari varian Samsung. 

4. Kemungkinan besar bagi pemula atau pengguna awam yang melakukan aksi coba-coba untuk memaksa ponselnya mendukung opsi OTG sangat rawan kegagalan dan bisa menyebabkan sistem malfungsi.
Dari beberapa opsi dan penjelasan diatas tentu bukan patokan bahwa apa yang saya sampaikan tersebut semuanya benar, walau sampai saat ini saya belum menemukan secara pasti bahwa semua ponsel android bisa dilakukan perombakan baik sistem maupun versi kernelnya. karena apa ?, karena versi kernel dari setiap ponsel akan berkaitan langsung dengan hardware yang tertanam di ponsel tersebut sehingga segetol apapun anda memaksa untuk menanam versi kernel yang lebih tinggi akan merugikan ponsel itu sendiri walau secara tidak langsung.

Nah, masih tetap ingin nekat membaut HP anda support OTG ? semoga ada forum khusus yang membahas secara tuntas, detail dan berkompeten langsung terhadap beberapa merek yang bisa dipertanggungjawabkan keberhasilannya dalam melakukan modifikasi sistem android agar mendukung On The Go.

Share This Post

FacebookGoogle+Twitter

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...