» , , » Mengapa WiFi id tidak dapat terhubung Internet ?

Mengapa WiFi id tidak dapat terhubung Internet ?


Ada beberapa pertanyaan yang singgah di beberapa artikel sebelumnya tentang WiFi-id. Diantara beberapa pertanyaan tersebut rata-rata mengenai 'mengapa wifi-id tidak terkoneksi padahal sudah masuk ke jaringan wifi-id dan sudah ada tanda terhubung. Untuk menjawab pertanyaan tersebut saya akan menjawabnya secara singkat, jelas dan tentunya dengan bahasa yang mudah dimengerti.

WiFi-id milik Telkom ini memang saat ini banyak digemari oleh beberapa pengguna perkotaan yang notabene banyak tercover sinyal wifi-id. Dimana banyak pengguna yang mencoba terhubung ke hotspot wifi-id dan rata-rata langsung ada notifikasi di ponsel bahwa koneksi sudah terhubung. Namun masalahnya tidak sampai disitu, ketika pengguna mendapati tanda terhubung pada layar ponselnya namun ketika dipakai untuk online tidak bisa alias not Connected. apa yang terjadi ? apakah ada yang salah ?, simak jawabannya di bawah ini.

jaringan wifi id tak terhubung


1. Yang pertama kali pengguna harus pahami adalah, adanya sistem share wifi di wifi-id termasuk jaringan terbuka tanpa autentifikasi password. Dimana setiap pengguna yang ingin terhubung bisa langsung mendapati di layar notifikasi bahwa ponsel berhasil terhubung ke jaringan wifi-id. Namun tanda terhubung tersebut bukanlah tanda bahwa anda mendapatkan jatah koneksi, karena ada tahap kedua yang harus pengguna lakukan yaitu memasukkan Username dan password dari antarmuka yang ditentukan oleh jaringan wifi-id.

2. Bila anda sudah terhubung ke jaringan wifi-id, pastikan anda membuka browser yang di support oleh jaringan tersebut. Katakanlah anda menggunakan ponsel android, dari pengalaman yang saya dapatkan browser yang bisa menampilkan antarmuka untuk masuk ke autentifikasi password dan username seperti browser chrome, opera maupun browser bawaan android itu sendiri. 

3. Terkadang adda masalah ketika anda ingin masuk login ke antarmuka wifi-id namun tidak tampak pada layar, apa yang harus anda lakukan ?, langkah pertama silahkan matikan koneksi wifi untuk beberapa saat dan nyalakan kembali, kemudian hubungkan ulang jaringan wifi ponsel ke jaringan wifi-id. Setelah iitu buka dengan browser yang lain, masukkan saja alamat situs yang ringan loadingnya seperti google atau mesin pencari lainnya. Anda akan dibawa ke menu login bila berhasil. Bila gagal lagi bagaimana ?

4. Bila tetap gagal untuk membuka antarmuka login wifi-id padahal sudah mencoba cara nomor 3. Silahkan matikan ponsel anda dan nyalakan kembali alias restart. bila tidak mengatasi masalah dengan urutan yang ada seperti diatas maka lakukan langkah nomor 5.

5. Silahkan buka pengaturan wifi ponsel anda dan sentuh tulisan wifi-id yang terhubung kemudian klik Lupakan jaringan. Kemudian cobalah kembali menghubungkan ke jaringan wifi-id. Biasanya dengan cara seperti ini anda akan bisa terhubung dan ketika membuka browser anda akan langsung disuguhi dengan tampilan login dari pihak wifi-id.

Jawaban diatas menjawab tentang cara mengatasi koneksi wifi-id yang tidak terhubung karena masalah bukan disebabkan anda salah dalam memasukkan username atau password. Namun ada pertanyaan lain dari beberapa pengguna, 'mengapa ketika memasukkan username dan password benar namun tetap saja tidak dapat digunakan untuk berselancar atau tidak dapat terhubung ke internet ?' 

Untuk menjawab pertanyaan yang terakhir ini saya akan ulas seperti di bawah ini :

1. Silahkan anda matikan koneksi wifi dari jaringan wifi-id. Kemudian, sambungkan kembali dan buka browser. Bila browser menanyakan password dan username untuk masuk autentifikasi wifi-id silahkan masukkan kembali username dan password dengan benar. Ingat, password adalah case sensitif yang berarti huruf besar kecil berpengaruh.

2. Bila ternyata anda bisa masuk dan ada notifikasi di browser bila anda sudah berhasil login namun tetap tidak dapat dipakai untuk browsing silahkan periksa kuota anda. Berapa voucher yang anda beli, kemungkinan anda sudah masuk ke bataas limit waktu kuota yang telah ditentukan.

3. apabila yakin limit data di voucher wifi-id anda masih banyak dan tetap tidak bisa untuk browsing maka kemungkinan besar kesalahan ada pada jaringan penyedia wifi-id. Bisa saja waktu itu ada perbaikan jaringan sehingga koneksi internet tidak bisa terhubung dengan sempurna.

Diantara beberapa jawaban diatas tentunya masing-masing pengguna sendiri yang akan faham darimana urutan pemecahan masalah pada ponselnya ketike gagal tersambung ke jaringan wifi-id.Semoga sedikit jawaban permasalahan wifi diatas bisa menjadi solusi bagi sobat semua. Semoga bermanfaat.

16 komentar:

  1. Ane punya masalah di atas gan, ane pakai android 5.. Pertama bisa wifi.idnya, terus kalo ane matiin bentar wifinya, terus konek lg ke wifi.id, nggak mau konek lg tu wifi.id. Uda ane coba cara agan, tapi tetap nggak terbuka layar di webnya.. Ada solusi lain gan?? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk ke setting wifi dan klik wifi-id kemudian klik opsi 'lupakan'. Kemudian masuk kembali ke jaringan wifi-id. Semoga berhasil mas

      Delete
  2. Punya ane knpa kegagalan wifu id mas? Pdhal kmrn kmrn bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin jaringan dari wifi id-nya mas, atau bila tetep tidak bisa coba restart ulang (boooting )ponsel agar fresh kembali sistemnya

      Delete
  3. Klo wifi.id di android atau laptop lemot parah bahkan sering minta login berukangkali itu knoa ya? Pdhal disamping sya ada yg make laptop lancar2 aja tuh pake youtube n download...helppppo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari sisi kecepatan memang masing2 line wifi id tidak akan bisa dipukul rata. Bnyk penyebab kecepatan tidak sama antar satu router dengan router lainnya... Jd kmungkinan penyebabnya bisa dari jaringan penyesia wifi di tempat anda

      Delete
  4. Mas kenapa android saya tidak mau terhubung ke wify id

    ReplyDelete
  5. Mas ko wifi id saya selalu menerima alamat ip sekalinya bisa tidak terhubung ke internet

    ReplyDelete
  6. mas ko wifi id saya selalu menerima alamat ip ? pdhal sinya wifi id dirumah kuat sekali

    ReplyDelete
  7. punya ane gan androidnya udah di restart terus wifi.id nya udah di opsi lupakan tapi kenapa halaman welcome page nya tetep gk mau muncul ya gan,..??

    ReplyDelete
  8. Klo gak bisa muncul home page solusinya gmna ya???

    ReplyDelete
  9. Klo wifi id nya gk ada gmn?waktu awal2 ada wifi id ny..ksininya wifi id ny ilang..tp wifi untuk internetny ada..mhon pembelajaranny

    ReplyDelete
  10. mas, klau jaringan wifi.idnya ssetiap di konek in nggak mau mau terus solusinya gimana ya mas

    ReplyDelete
  11. Gan, mau nanya kenapa ya saat beres login masuknya suka lama dan ga masuk masuk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan jaringan dalam kondisi bagus dan coba gunakan browser terlebih dahulu untuk proses loginnya

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...